Jokowi sebut pariwisata Banyuwangi paling siap menuju kenormalan baru

Jum'at, 26 Juni 2020 | 15:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji upaya prakondisi sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dalam rangka menuju tatanan normal baru (new normal).

Bahkan, Presiden menilai wilayah paling Timur di Jawa itu merupakan daerah yang paling serius membenahi sektor pelancongan agar kembali bergerak di tengah pandemi virus corona. Hal tersebut disampaikannya ketika mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di Banyuwangi.

"Saya melihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah yang paling siap menyiapkan prakondisi menuju normal baru," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Menurut Jokowi, keseriusan Banyuwangi dalam upaya prakondisi tersebut terlihat dari penerapan teknologi yang dapat mengatur kapasitas destinasi wisata. Nantinya, wisatawan yang berkunjung harus memesan tiket secara daring. Sistem tersebut dapat menghentikan proses pemesanan tiket apabila kapasitas objek wisata telah mencapai batas jaga jarak aman.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan sertifikasi dan uji kompetensi protokol kesehatan bagi para pemandu wisata. Lebih lanjut, masyarakat setempat pun diajak ikut berpartisipasi mendukung sektor pariwisata di Banyuwangi. Hal itu dapat terlihat dari perizinan hotel-hotel serupa bintang tiga yang hanya diberikan bagi masyarakat setempat. "Yang bintang empat, lima, dan seterusnya diberikan kepada investor," kata Jokowi.

Jokowi lantas mendukung upaya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam menyiapkan prakondisi menuju tatanan normal baru. Dengan demikian, masyarakat di sektor pariwisata Banyuwangi akan siap ketika tatanan normal baru sudah diberlakukan.

Dalam rangkaian peninjauannya tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. Hadir pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. kbc11

Bagikan artikel ini: