Gelar MotoGP 2021, sirkuit Mandalika bakal serap 7.500 naker

Kamis, 25 Juni 2020 | 09:55 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia bakal menjadi salah satu tuan rumah ajang olahraga balap motor bergengsi MotoGP di tahun 2021 mendatang. Rencananya, even diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengatakan, adanya event MotoGP di Mandalika ini bakal berdampak besar bagi perekonomian daerah dan nasional. Salah satunya adalah penyerapan tenaga kerja.

Adapun event olahraga balap motor MotoGP, pihaknya membutuhkan hingga 7.500 tenaga kerja. Rinciannya adalah 5.000 personel tenaga kerja non permanen dan sekitar 2.500 tenaga kerja supporting permanent.

"Ada 5.000 personel tenaga kerja non permanen dan 2.500 tenaga kerja supporting," ujarnya dalam rapat dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (24/6/2020). 

Menurut Abdulbar, KEK Mandalika ini akan difokuskan untuk event-event otomotif. Ada beberapa event olahraga otomotif berskala internasional juga akan diselenggarakan di KEK Mandalika tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Abdulbar, pihaknya memerlukan suntikan modal dari pemerintah sebesar Rp500 miliar. Sehingga proyek KEK Mandalika termasuk sirkuit MotoGP bisa rampung tepat waktu meskipun ada Covid-19.

"Olahraga yang kita usung adalah MotoGP. Dan yang lainnya olahraga yang berhubungan dengan otomotif," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: