Tampilan antarmuka PS5 bakal berubah total, seperti apa?

Rabu, 17 Juni 2020 | 21:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Usai memamerkan desain PlayStation 5 (PS5) dan beberapa game yang akan tersedia di konsol tersebut, Sony mulai membocorkan tampilan antarmuka di PS5.

Dikutip dari Techspot, Rabu (17/6/2020), menurut Sony, pengguna bakal menikmati tampilan antarmuka yang benar-benar baru di PS5, alias berubah total dibanding tampilan antarmuka di PS4.

"(Kami membuat) perubahan 100% dari tampilan antarmuka PS4 dan beberapa konsep baru yang sangat berbeda," ujar Matt MacLaurin, VP of UX Design PlayStation dalam sebuah diskusi di LinkedIn.

"(OS PS5) akan lebih halus dan tak mencolok, namun tak ada pixel yang tak disentuh. Pada awalnya (tampilan) ini terlihat praktis, namun mempunyai bahasa visual yang sangat baru dan mengubah total tampilan antarmukanya," lanjutnya.

Terkait tampilan baru ini, pada awal Juni Sony mendaftarkan sebuah paten yang mungkin sedikit mengungkap tampilan antarmuka itu. Dalam paten tersebut terlihat Sony memanfaatkan machine learning untuk memberikan informasi berguna secara real time ke pengguna.

Sebagai contoh, fitur ini bakal memberikan saran gameplay saat pemain terlihat kesusahan saat memainkan bagian tertentu di sebuah game.

Fitur ini mungkin tak langsung tersedia saat Sony meluncurkan PS5 pada akhir 2020 nanti. Namun besar kemungkinan fitur ini bakal tersedia di sistem operasi PS5 dalam bentuk pembaruan.

Sayangnya, Maclaurin belum mengungkap kapan Sony akan memamerkan tampilan antarmuka yang baru ini. Namun Sony sudah menjanjikan lebih banyak informasi terkait PS5, game baru, dan beberapa kejutan sebelum PS5 akhirnya diluncurkan. kbc10

Bagikan artikel ini: