Para peneliti yakinkan masker kurangi penyebaran Covid-19 hingga 40 persen

Sabtu, 13 Juni 2020 | 09:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para peneliti dalam sebuah makalah dari Institute of Labour Economics di Bonn, Jerman menyebut bahwa penggunaan masker dan alat pelindung wajah dapat mengurangi tingkat pertumbuhan infeksi virus corona penyebab Covid-19 hingga 40 persen.

Sebuah kota di Jerman, Jena, menjadi yang paling pertama untuk mengadopsi kebijakan wajib menggunakan masker ketika berada di tempat umum sejak 6 April, infeksi baru di kota berpenduduk 108.000 jiwa ini berkurang drastis dan hampir nihil.

Kondisi penurunan kasus di Jena kontras dengan apa yang terjajdi di kota-kota di sekitar negara bagian Thuringia dan kawasan lain di negara itu yang hanya menerapkan kebijakan penggunaan masker untuk beberapa hari atau pekan saja sehingga wabah terus menyebar.

"Masker tampaknya merupakan metode yang sangat efisien untuk mengekang penyebaran virus corona," kata para penulis, termasuk Klaus Waelde dari University of Mainz, seperti dikutip melalui Bloomberg, Jumat (12/6/2020).

Para peneliti membandingkan laporan dari Jena sebelum dan sesudah 6 April dengan sampel rata-rata tertimbang dari orang-orang di kota-kota Jerman lainnya yang terdiri dari kelompok dengan demografi, sistem perawatan kesehatan lokal dan tingkat Covid-19 yang sama sebelum 6 April.

Setelah kota Jena memperkenalkan kewajiban penggunaan masker, infeksi baru yang dikonfirmasi ternyata 25 persen lebih rendah daripada pada kota lainnya yang dijadikan sampel.

Dampak serupa bahkan ditemukan lebih tinggi ketika penulis makalah melihat pengalaman kota-kota besar di Jerman.

Mereka menambahkan bahwa makalah ini tampaknya menjadi analisis pertama yang memberikan bukti lapangan tentang kemampuan masker untuk mengekang penyebaran virus corona.

Hasil temuan dapat bervariasi berdasarkan kondisi di negara lain atau tergantung pada jenis masker yang digunakan.

Para penulis makalah menyerukan penelitian lebih lanjut tentang masalah ini. Mereka juga mengatakan penelitian ini telah mencakup berbagai jenis masker karena wilayah Jerman tidak mewajibkan jenis tertentu sebagai acuan penggunaan masker. kbc10

Bagikan artikel ini: