Bersih-bersih BUMN, kali ini Erick Thohir copot bos Jasa Marga

Kamis, 11 Juni 2020 | 17:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Aksi bersih-bersih di tubuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih terus dilakukan. Kali ini, Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Desi Arryani dari posisinya sebagai Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Pencopotan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan yang digelar Kamis (11/6/2020) hari ini.

Sebagai ganti Desi, Erick menunjuk Subakti Syukur menjadi bos Jasa Marga yang baru. Sebelumnya, Subakti merupakan Direktur Operasi Jasa Marga. 

Selain Desi, Erick juga memberhentikan Adrian Priohutomo dari posisinya sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan mengukuhkan pemberhentian Alex Denni dari posisi Direktur Human Capital dan Transformasi. 

Selanjutnya, pemegang saham menyepakati penunjukan tiga direktur baru untuk mengisi posisi mereka. Ketiganya adalah Arsal Ismail sebagai Direktur Pengembangan Usaha, Enkky Sasono Anas Wijaya sebagai Direktur Human Capital dan Transformasi, dan Fitri Wiyanti sebagai Direktur Operasi.

Selain jajaran direksi, Erick juga merombak jajaran komisaris perseroan. Pemegang saham sepakat memberhentikan Sapto Amal Damandari dari posisi Komisaris Utama atau Independen, Muhammad Sapta Murti dari posisi Komisaris, dan Vincentius Sonny Loho dari posisi Komisaris Independen.

Selanjutnya, pemegang saham menunjuk tiga komisaris baru. Meliputi Yuswanda A. Tumenggung sebagai Komisaris Utama atau Independen, Zulfan Lindan sebagai Wakil Komisaris Utama atau Independen, dan Adriansyah Chaniago sebagai Komisaris Independen.

Selain perombakan jajaran direksi dan komisaris, pemegang saham juga menyepakati pembagian dividen sebesar Rp110,36 miliar kepada pemegang saham. Jumlah tersebut setara 5 persen dari laba bersih perseroan di 2019 yakni Rp2,21 triliun.

Besarnya dividen tersebut dengan pertimbangan bahwa saat ini Jasa Marga tengah melakukan ekspansi bisnis jalan tol. Selain itu, perseroan perlu memperkuat likuiditas di tengah pandemi Covid-19.

Pada 2019, pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru menyumbang peningkatan total aset perseroan mencapai Rp99,68 triliun. Aset perseroan meningkat sebesar 20,94 persen dari 2018. Sementara itu, pendapatan usaha mencapai Rp10,98 triliun, tumbuh 12,26 persen dari 2018.

Hingga akhir 2019 Jasa Marga berhasil mengoperasikan total 1.162 Km jalan tol baru. Jumlah ini meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah jalan tol operasi Jasa Marga pada awal 2015 lalu.

Berikut susunan komisaris dan direksi Jasa Marga:

Komisaris

Komisaris Utama/Independen: Yuswanda A. Tumenggung

Wakil Komisaris Utama/Independen: Zulfan Lindan

Komisaris: Agus Suharyono

Komisaris: Anita Firmanti Eko Susetyowati

Komisaris: Sugihardjo

Komisaris Independen: Adriansyah Chaniago

Direktur

Direktur Utama: Subakti Syukur

Direktur Keuangan: Donny Arsal

Direktur Bisnis: Mohammad Sofyan

Direktur Pengembangan Usaha: Arsal Ismail

Direktur Human Capital dan Transformasi: Enkky Sasono Anas Wijaya

Direktur Operasi: Fitri Wiyanti..

kbc10

Bagikan artikel ini: