Comot foto dari Instagram, pengguna wajib minta izin si pemilik

Senin, 8 Juni 2020 | 16:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Aplikasi Instagram menegaskan kebijakan perusahaan bahwa website harus mengantongi izin dari pengguna sebelum memasukkan posting-an di halaman web.

"Mengharuskan pihak ketiga untuk memiliki hak yang diperlukan dari pemegang hak yang berlaku. Ini termasuk memastikan mereka memiliki lisensi untuk berbagi konten ini, jika diharuskan oleh hukum," kata juru bicara perusahaan, seperti dikutip, Senin (8/6/2020).

Penegasan itu terjadi ketika Newsweek dituntut karena memasukkan gambar seorang fotografer di situs webnya. Posting menyatakan bahwa gambar tidak diunggah secara langsung dan malah dimasukkan dari Instagram.

Newsweek berpendapat bahwa ketika pengguna menyetujui ketentuan layanan Instagram, mereka memberi perusahaan lisensi hak cipta untuk gambar apa pun yang diunggah ke layanan.

Ketentuan layanan juga membuat pengguna setuju untuk mensublisensikan konten mereka kepada pengguna lain. Publikasi berpendapat bahwa penggunaan alat penyisipan dicakup oleh persyaratan layanan.

Mashable memenangkan kasus serupa dengan argumen yang sama, tetapi hakim dalam kasus Newsweek menemukan masalah ini sedikit berbeda dari apa yang dicakup oleh ketentuan layanan Instagram.

Pernyataan terbaru oleh Instagram membuat kebijakannya mendukung fotografer yang menuntut Newsweek.

Instagram saat ini menyatakan bahwa pengguna memiliki "hak untuk memberikan izin menggunakan karya berhak cipta mereka, serta hak untuk mencegah orang lain menggunakan karya berhak cipta mereka tanpa izin". kbc10

Bagikan artikel ini: