Sambut new normal, 8 barang ini wajib dibawa saat kembali bekerja

Minggu, 7 Juni 2020 | 12:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Implementasi new normal bakal segera dijalankan di beberapa daerah. Berbagai aktivitas produktif seperti bekerja ke kantor sudah mulai bisa dijalankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Beberapa perusahaan bahkan sudah meminta karyawannya untuk kembali masuk dengan beberapa kondisi, misalnya pergantian shift.

Meski pemerintah sudah membolehkan kegiatan new normal, tentu masih banyak masyarakat yang merasa khawatir untuk melakukan berbagai aktivitasnya seperti biasa. Belum lagi banyak pekerja kantoran yang juga harus menggunakan transportasi umum seperti commuter line, busway, MRT. Di samping kekhawatiran seputar kebersihannya, faktor kepadatan penumpang, baik di dalam kendaraan ataupun di stasiun/halte, menyebabkan banyak orang khawatir akan penularan virus corona.

Saat sudah sampai di kantor pun, banyak orang yang khawatir terpapar virus corona karena masih banyak pekerja yang bekerja di kantor yang tanpa sekat. Sebelum kembali ke kantor, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam new normal atau tatanan hidup baru ini. Bekal ini akan melindungi Anda dan keluarga dari paparan virus corona yang masih mengintai. Ada baiknya Anda selalu membawa 7 barang penting ini ketika hendak beraktivitas.

Untuk membantu meminimalisir risiko penularan Covid-19 dalam transportasi umum dan di kantor, berikut barang-barang yang perlu Anda persiapkan mulai dari sekarang. Apa saja?

Masker

Masker adalah alat paling vital yang perlu Anda gunakan untuk mencegah penularan Covid-19 di transportasi umum dan kantor karena alat ini dapat mencegah droplet masuk ke mulut dan hidung Anda. Masker kain yang banyak dijual di berbagai toko daring bisa menjadi pilihan Anda. Suatu penelitian menyatakan bahwa masker kain dapat memiliki efektivitas yang sama dengan masker bedah jika digunakan dengan tepat. Jangan lupa untuk membeli lebih dari satu masker supaya Anda bisa menggantinya ketika salah satu masker sudah kotor.

Hand sanitizer

Hand sanitizer diperlukan jika Anda tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, seperti di dalam bus atau kereta. Belilah hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen karena produk dengan persentase alkohol di bawah itu tidak mampu membersihkan tangan Anda dari virus dan bakteri secara efektif.

Face shield atau kacamata

Anda bisa menggunakan face shield sebagai pelengkap perlindungan wajah Anda dalam transportasi umum. Face shield dapat melindungi mata Anda dari droplet penyebab virus corona dan partikel berbahaya lainnya.

Apabila Anda tidak percaya diri untuk mengenakan face shield di depan umum, Anda bisa menggunakan safety googles atau kacamata biasa untuk memberikan mata perlindungan yang memadai dari ancaman virus corona dan mencegah Anda mengucek mata.

Topi

Walaupun kecil, potensi virus corona bertahan di rambut Anda tetap ada. Oleh karena itu, Anda dapat melindungi rambut dengan menggunakan topi. Penggunaan topi juga bisa mencegah Anda menyentuh rambut saat beraktivitas di luar rumah. Topi yang Anda pakai sebaiknya diganti setiap dua atau tiga kali sehari untuk menjaga kebersihannya.

Tisu kering dan basah

Tisu merupakan barang penting untuk menjaga kebersihan barang-barang dan permukaan di sekitar Anda. Tisu kering dapat digunakan untuk mengeringkan tangan Anda setelah mencuci tangan. Sementara tisu basah bisa dipakai untuk membersihkan barang-barang dan permukaan tertentu, seperti meja, dudukan toilet, dan semacamnya. Pastikan kedua jenis tisu ini selalu ada dalam tas Anda.

Uang elektronik atau dompet online

Menurut beberapa studi, uang dapat menjadi tempat virus dan bakteri singgah. Hal ini berlaku untuk uang kertas dan logam. Meski belum ada bukti spesifik tentang virus corona, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap berhati-hati.

Sebagai alternatif pembayaran, Anda bisa menggunakan uang elektronik atau dompet online sebagai metode pembayaran sementara, baik itu di stasiun, halte, maupun di berbagai tempat lainnya.

Helm

Khusus Anda yang menggunakan transportasi ojek online sehari-hari, sebaiknya Anda membawa helm sendiri untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Dengan membawa helm sendiri, Anda bisa memastikan kebersihan dan keamanannya tanpa perlu dihantui kekhawatiran akan helm yang digunakan.

Peralatan makan

Ketimbang menggunakan alat makan yang disediakan di kantor, sebaiknya Anda membawa peralatan makan sendiri dari rumah. Peralatan ini bisa berupa sendok, garpu, dan tempat makan. Penggunaan peralatan makan sendiri dapat meminimalisir potensi penyebaran virus corona yang bisa menempel pada permukaan benda-benda tersebut selama berhari-hari. kbc10

Bagikan artikel ini: