loading...
Kategori
Umum
Mode Baca
Kurs USD-IDR
9/2/2014
11.750
IHSG
9/2/2014
5.201,59
23,97 (0,46%)
Minyak Mentah
N/A
0,00
0,00 (0,00%)
Emas
N/A
0,00
0,00 (0,00%)

Agen 1000 Sunlight tumbuhkan 6.000 UKM baru

Online: Minggu, 25 Juli 2010 | 16:06 wib ET

para pemenang agent 1000 sunlight

JAKARTA, kabarbisnis.com: Program Agen 1000 Sunlight, yang dimotori PT. Unilever Indonesia Tbk, ternyata mampu menumbuhkan sekitar 6.000 UKM (Usaha Kecil Menengah) baru. Para agen Sunglight tidak hanya diminta memperkenalkan dan menjual produk sabun cuci piring, namun juga memberdayakan perempuan menjadi the new entrepreneur baru.

"Program yang sudah lima tahun digelar ini, tidak hanya mengajak ibu-ibu untuk menjadi agent tapi juga memberikan pelatihan bisnis sehingga menjadi wirausaha baru, didaerah asalnya. Dan saya bersyukur bisa berhasil," ungkap Ika Paramita, Brand Manager Sunlight.

Ika mengemukakan itu, pada malam penghargaan bagi 3.000 agen terbaik seluruh Indonesia sekaligus memperkenalkan Syahrul Gunawan sebagai Duta Sunlight yang baru di Jakarta, Sabtu (24/7) malam. Sebegai pemenang utama agen terbaik adalah Enok Nurhasiah dari Sumedang.

Dilanjutkan, dalam program Agen 1000 Sunlight, para agen diminta memilih usaha yang digelutinya mulai usaha dagang, menjahit, atau trashion yakni mengolah berbagai macam kerajinan tangan seperti tas atau dompet dari bahan daur ulang kemasan produk unilever.

Memang paling banyak yang ditekuni adalah trashion, dan kami juga ikut membantu memasarkan dengan menitipkan hasil usahanya ke supermarket seperti Hypamert dan Carfoure, ternyata usaha UKM ini bisa jalan, ungkapnya.

"Jadi, sambung dia, selain menjadi agen dan mencari member baru, para ibu-ibu juga ada sebagian bapak-bapak sudah membuka usaha diberbagai bidang hasil training yang kami berikan secara intensif. Ada yang membuka usaha warnet, pracangan atau usaha kecil-kecilan, buka penjahitan, dan membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang produk kami," katanya.

Ika mengemukakan sejak pertama diadakan pertengahan tahun 2006 hingga 2010, Sunlight telah berhasil mengumpulkan 31.000 agen dengan anggota lebih dari 800.000 orang member yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Program Agen 1000 Sunlight ini, mengajak para ibu untuk memaksimalkan potensi luar biasa yang selama ini hanya tersimpan disela kesibukan mengurus rumah tangga.

Program positif yang juga merupakan perwujudan dari pemberdayaan perempuan untuk menjadi sosok berwawasan luas yang trampil, mandiri dan memiliki kepercayaan diri yang kuat, sehingga dapat meningkatkan taraf dan kualitas hidupnya.

“Sunlight tergugah untuk mengubah persepsi masyarakat yang memandang bahwa profesi ibu rumah tangga tidak penting, padahal justru para ibu inilah yang potensial. Hanya tinggal bagaimana menggali dan memaksimalkan potensi luar biasa tersebut, ternyata mereka juga bisa dan banyak yang berhasil,“ ungkap Syahrul Gunawan, duta Sunlight.

Syahrul menilai anggapan ibu rumah tangga tidak produktif, adalah salah besar. Mengingat, jika ibu rumah tangga diberi ketrampilan sedikit saja mereka pun tidak kalah dengan mereka

yang bekerja di kantor. Malah lebih semangat untuk berkarya dan bekerja. Kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda