Melalui 'Sahabat Rakyat', Viar antar pelaku UKM kuliner raih kesuksesan

Minggu, 13 Januari 2019 | 11:16 WIB ET

MOJOKERTO, kabarbisnis.com: Usaha kuliner saat ini menjadi salah satu sektor yang diyakini mampu terus berkembang. Pemainnya bukan saja kelas menengah atas namun usaha ini justru didominasi pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Nah, guna mewadahi minat masyarakat terjun di usaha ini, Viar Motor ikut andil dalam menggerakkan pelaku UKM bidang kuliner. Bukan saja melalui line up produk motor roda tiga yang pas untuk menjalankan bisnis, namun juga ikut mengembangkan pelaku bisnis melalui komunitas, jaringan hingga pasar.

Kali ini, Viar Motor melalui diler resminya di wilayah Mojokerto, Sidoarjo dan Jombang, SR Motor menggelar even bertajuk “Viar Food Trike” yang berlangsung di halaman parkir Sunrise Mall Mojokerto, pada Sabtu (12/1/2019).

Kacab Dealer Viar SR Motor, Makhfan Faizin mengatakan, “Viar Food Trike” merupakan bentuk apresiasi dan komitmen Viar yang memang pantas diklaim sebagai Sahabat Rakyat.

“Sebab, Viar juga berusaha masuk menjadi sahabat yang peduli dengan pelaku UKM di bidang kuliner yang  bersifat personal, inovatif, mandiri dan jeli membaca peluang ceruk pasar baru, di era globalisasi saat ini," katanya.

Diakuinya, pelaku UKM saat ini makin kreatif dalam menarik minat konsumen, salah satunya menyulap bak motor roda tiga menjadi sebuah warung atau kafe berjalan yang biasa disebut food trike.

Kebetulan, Viar Motor yang notabene lebih dulu dipercaya para pelaku usaha UKM menawarkan beragam varian trike, melalui line up produknya, seperti New Karya Bit, New Karya 150 L dan New Karya 200 L. Harga on the road-nya juga ideal bagi pelaku UKM, sebab berkisar di Rp 23 juta – Rp 29 juta.

"Kualitas dan kehandalannya sampai saat ini juga belum tertandingi, apalagi jaringan bengkel resminya juga representatif di setiap daerah. Menariknya lagi, juga ada sistem pinjam unit saat maintenance berlangsung. Praktis, para pengguna trike Viar timbul kepercayaan yang lebih kepada merk Viar, saat dijadikan partner mencari duit," ulas Makhfan.

Ditambahkannya, pada even “Viar Food Trike” kali ini ada sebanyak lebih dari 30 pelaku bisnis yang juga anggota komunitas Sahabat Rakyat ikut ambil bagian bukan hanya berjualan, namun juga unjuk kreatifitas dalam mendesain Food Trike-nya, sekaligus sebagai pestanya food trike yang terbesar, sebab diklaim yang pertama di tanah air.

"Kami berharap Viar bisa mengantar pelaku UKM yang memakai trike Viar, dapat saling memberi input sekaligus inspirasi desain Viar Food Trike-nya ke masyarakat atau UKM yang lain," ujarnya.

Di kesempatan ini pula pelaku usaha kuliner ini mendapat peluang mem-branding sekaligus re-launching dari produk usahanya ke pengunjung. “Wajar dong, di special event ini, media  lokal dan nasional turut didatangkan Viar SR Motor Group, untuk meliput," urai Makhfan.

Dia bersyukur animo pelaku bisnis kuliner serta masyarakat yang datang untuk berkunjung di even itu sangat tinggi. Bahkan, banyak permintaan melalui surat pemesanan kendaraan (SPK) yang masuk dalam even sehari itu.

"Dari target kita sebanyak 25 SPK ternyata sampai sore ini ada 33 SPK yang masuk, dimana 80 persen adalah motor roda tiga," tandasnya.

Pada even itu juga digelar servis gratis special trike Viar, pada level tune up dan check up. Sipnya, untuk penggantian oli mesin yang kali ini bekerja sama dengan Penztar Oil diberikan secara cuma-cuma alias gratis, khusus untuk 50 konsumen pemilik trike Viar. 

Untuk pengunjung lain, juga ada activity menarik, yakni test ride line up Viar terbaru, yakni VinTech 200 cc, Q1 dan ATV Razor 150 cc – 250 cc. "Sementara untuk peserta test ride yang beruntung, akan berkesempatan mendapat undian android, dengan sistem undian. Bahkan, untuk pengunjung yang bebelanja di Viar Food Trike, memenangkan game, pengunjung umum, juga mendapat kesempatan undian berhadiah android," jelas Suminto Sales Manager Viar SR Motor Sidoarjo.

“Sembari menikmati suguhan entertaint, barongsai,  modern percussion dan Veemlight Percussion, yang pastinya akan membuat acara semakin spektakuler," promo Budi Manajer Matketing SR Motor Sidoarjo.

Tak heran, kesuksesan even “Viar Food Trike” di Mojokerto tersebut kian melecut Viar SR Motor Group untuk terus mendorong laju pertumbuhan bisnis di level mikro. Sekaligus berusaha menjadi balancer percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat milenial.

Regional Manager Viar Motor Indonesia, Haris Suprapto mengatakan, dukungan terhadap sektor mikro ikut mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya, pihaknya mengapresiasi kreativitas para pelaku UKM yang menjadi bagian dari komunitas Sahabat Rakyat.

“Dari sisi artistik, estetika, fungsional dan sisi modisnya, pengusaha UKM juga makin jeli, saat memodif dan berkreasi menyesuaikan kebutuhan jenis usahanya," jelasnya.

Ditambahkannya, maraknya fenomena food trike tersebu membuat PT. Triangle Motorindo sebagai agen pemegang merek dan principal motor Viar juga menyiapkan dan menawarkan Triwira Karoseri, sebagai vendor spesial modifikasi food trike. Jadi bisa dipesan sesuai desain dan kebutuhan, berikut dengan sarana fitur-fitur penunjangnya.

“Tak menutup kemungkinan, nantinya akan dibutuhkan bagi pelaku UKM food trike yang akan bergeser mengelola Franchise, dengan ciri khas food trike desain dan fitur sama sebagai trade mark-nya," ujar Haris.

"Bahkan kedepannya, ketika mengamati semangat dalam menyajikan konsep dan desain food trike yang makin atraktif, kita akan kembali merangsangnya lewat kompetisi modifikasi food trike. Agar para pelaku lebih kreatif, inovatif dan mampu mengangkat level food trike lebih milenial dan tetap mempertahankan standard keselamatan," imbuhnya. kbc7

Bagikan artikel ini: