Bantu perkuat rupiah, Semen Indonesia genjot penjualan ekspor

Kamis, 20 September 2018 | 08:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) menargetkan penjualan ekspor sebesar 3 juta ton dengan nilai Rp 4,44 trilliun hingga akhir tahun ini.

Direktur Marketing & Supply Chain SMGR, Adi Munandir mengatakan, penjualan ekspor terus digenjot sebagai langkah untuk memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

“Karena saat ini kondisi industri semen dalam negeri sendiri sedang berlebih pasokan hingga 40 persen,” kata Adi Munandir, dalam keterangan pers, Rabu (19/9/2018).

Menurutnya, pada periode Januari sampai Agustus 2018, SMGR mencatatkan penjualan ekspor sebesar 1,99 juta ton, tumbuh 42,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 1,39 juta ton.

“Pencapaian penjualan ekspor Januari sampai Agustus 2018 membuktikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan pabrik SMGR telah diakui oleh Internasional serta memiliki daya saing tinggi,” imbuhnya.

Adapun negara tujuan ekspor semen dan klinker SMGR di antaranya adalah Srilanka, Tahiti, Timor Leste, Tonga, Uni Emirat Arab, Yaman, Filipina, China. Selain negara tersebut SMGR juga mengekspor ke Australia, Austria, Maldives, India dan Bangladesh.

Selain itu, untuk meningkatkan penjualan di pasar ekspor, SMGR, lanjut Adi akan memperkuat jaringan ekspor di negara-negara tujuan serta menjajaki berbagai negara lainnya dan ikut aktif dalam kegiatan misi dagang. kbc10

Bagikan artikel ini: