Gaet kaum millenial, Pelindo III sambangi UI

Selasa, 18 September 2018 | 16:57 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: BUMN Pelindo III  bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) melaksanakan kegiatan Pelindo III Goes to Campus (P3GTC) yang bertempat di Balai Sidang UI di Depok, Jawa Barat, Selasa (18/09/2018).

Kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan mendekatkan perusahaan kepada generasi muda tersebut diselenggarakan dengan metode seminar bertajuk menghadapi era disrupsi dengan digitalisasi teknologi, diversifikasi bisnis dan transformasi organisasi.

Finance Director Pelindo III U. Saefudin Noer yang menjadi nara sumber menjelaskan perubahan-perubahan yang telah dilakukan Pelindo III dalam menghadapi era disrupsi.  Perseroan menjawab perubahan dengan menciptakan hal-hal baru atau inovasi dan melakukan terobosan baik dalam hal teknologi, bisnis dan organisasi.

“Kreatifitas dalam berpikir dan bertindak dari human capital yang kami miliki terus kami lakukan karena menjadi modal penting bagi Pelindo III agar tetap bisa bersaing dengan para kompetitor. Kami tidak membatasi bahkan lebih menekankan kepada mereka untuk tidak berhenti mencoba dan membuat hal yang baru. Rasa takut dan ragu harus dihilangkan agar ide baru bisa bermunculan dan membuat perusahaan semakin berkembang,” ucap Saefudin Noer dalam siaran pers yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Selasa (18/9/2018).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Pelindo III juga menerapkan teknologi yang lebih canggih dan ramah lingkungan (eco green port).  Pembaruan tersebut saat ini sudah diterapkan di salah satu anak usaha Pelindo III yakni Terminal Teluk Lamong.  Di Lokasi tersebut peralatan yang digunakan menggunakan sistem otomatis pada alat bongkar muatnya dan terhadap kendaraan berat pengangkut barang  menggunakan bahan bakar gas.

“Transformasi perusahaan juga dilakukan di Pelindo III dengan menekankan tiga hal yaitu people, process, technology,” tambah Saefudin.

Menurutnya, penggunaan teknologi informasi (TI) sangat membantu perusahaan beradaptasi terhadap perubahan perkembangan bisnis yang terjadi. Demikian halnya dengan SDM untuk mengoperasikan teknologi tersebut karena SDM merupakan asset bagi perusahaan (human capital) yang perlu dilatih dan ditingkatkan kompetensinya secara berkelanjutan. Hal itu ditujukan agar SDM mampu mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Sementara itu, Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met menuturkan bahwa kehadiran Direksi Pelindo III diharapkan mampu mendorong semangat membuka wawasan bagi para mahasiswa UI. Menurutnya belajar tidak hanya terbatas di dalam kelas, melainkan juga melalui seminar yang menghadirkan pembicara unggul dan mampu menuturkan best practice di dunia kerja.

“Acara seperti ini perlu untuk dijaga kesinambungannya karena memberikan gambaran langsung bagi para mahasiswa untuk lebih menyiapkan diri mereka selepas lulus dari bangku perguruan tinggi,” ucapnya.

Vice President Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu menyebut kegiatan Pelindo III Goes to Campus sebagai upaya untuk mengenalkan perusahaan kepada para generasi muda.  Menurutnya banyak generasi muda yang saat ini masih belum mengenal BUMN secara umum maupun Pelindo III secara khusus.  Kegiatan yang berkolaborasi dengan insan perguruan tinggi tersebut juga dapat meningkatkan sinergi antar instansi yang saling menguntungkan bagi masing-masing pihak.

“Kami membawa pesan bahwa BUMN khususnya Pelindo III memberikan kontribusi yang besar bagi negara kita, anggapan BUMN yang tertutup dan anti perubahan itu tidak benar, buktinya banyak inovasi yang kami lakukan, dan satu hal yang penting adalah kerja di Pelindo III dan BUMN lainnya itu fun,” katanya.

Acara Pelindo III Goes to Campus di Universitas Indonesia ditutup dengan penyerahan Bantuan Bina Lingkungan yang diterima oleh Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni UI Erwin Nurdin.kbc6

Bagikan artikel ini: