Wuling siapkan medium SUV di tahun depan

Minggu, 16 September 2018 | 10:48 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pasar mobil bergenre sport utility vehicle (SUV) terus mengalami peningkatan. Sejumlah pabrikan mobil pun berlomba-lomba menelurkan produk terbaru mereka di segmen ini. Segmen ini bahkan memiliki kategori low SUV, medium, dan premium.

Melihat gurihnya pasar SUV, pabrikan otomotif asal China, Wuling, pun tak mau kalah. Perusahaan ini tengah mempersiapkan satu produk SUV baru pada tahun 2019 mendatang. 

Hal ini dikemukakan Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia, Dian Asmahani pada gelaran GIIAS Surabaya Auto Show 2018 di Grand City Convex Surabaya, Sabtu (15/9/2018).

"Untuk SUV memang menarik dan penjualannya kalau lihat data kan naik. Kami lagi studi karena memang segmennya menarik. Tapi belum ada final, apakah SUV atau produk lainnya. Kalaupun misalnya SUV pun kan harus dilihat juga mau yang apa," kata dia.

Diakui Dian, pada gelaran GIIAS di Jakarta pada Agustus 2018 lalu, pihaknya memboyong kendaraan SUV dari Tiongkok yang dinamai Baojun 530.

"Namun untuk masuk pasar Indonesia, mesin dan interior akan disesuaikan dengan pasar Indonesia. Saat ini belum ada nama resmi untuk pasar Indonesia, so kita tunggu kelanjutannya. Karena kita mau jangka panjang di Indonesia, selain aftersales, dealer, kita harus melengkapi line-up mobil kita," kata Dian.

Dia memastikan Wuling akan meluncurkan kendaraan SUV pada tahun 2019 setelah semuanya siap. "Semester satu atau dua, yang penting pada tahun depan," tukasnya.

Yang jelas, Dian bilang, saat ini Wuling masih memprioritaskan 2 produk andalan mereka, yaitu Wuling Confero dan Cortez. Wuling akan terus menambah dealer sampai akhir tahun 2018. Hingga Agustus 2018, Wuling sudah memiliki 80 dealer di Indonesia, dimana 12 diantara berada di Jawa Timur.

Terkait penjualan dua produk yang berada di segmen multi purpose vehicle (MPV) tersebut, dia mengklaim sejak diluncurkan hingga saat ini sudah terjual 16.000 unit secara nasional. Jawa Timur sendiri memberikan kontribusi sekitar 10-12 persen.

"Minat produk baru kami yakni Cortez cukup bagus, karena permintaannya terus meningkat. Secara nasional kontribusi penjualan Cortez sekitar 40 persen. Sedang di Jawa Timur kontribusi Cortez sekitar 30 persen komposisinya. Terbesar masih Confero," ujarnya.

Terkait gelaran GIIAS Surabaya Auto Show 2018, selain menampilkan produk Confero dan Cortez, Wuling juga memamerkan salah satu unit Electric Vihicle Wuling E100 untuk menunjukkan persiapan Wuling dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. kbc7

Bagikan artikel ini: