Dorong UKM melek digital, Facebook gerilya pelatihan hingga Indonesia Timur

Rabu, 15 Agustus 2018 | 08:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Facebook terus mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk melek digital dan mampu mengembangkan bisnisnya secara daring. Langkahnya dengan meluncurkan kampanye Laju Digital.

Kampanye tersebut menyasar 3.000 unit usaha yang tersebar di 15 kota Indonesia, termasuk beberapa kota di belahan timur yaitu Gorontalo, Kupang, Manokwari, dan Mataram. 

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari menyatakan kampanye tersebut berisi serangkaian pelatihan dan lokakarya tanpa pungutan biaya yang berlangsung selama beberapa bulan.

"Harapan kami, Facebook lebih dari sekadar platform penghubung pengguna dengan kerabat dan keluarga. Facebook ingin mengeksplor lebih dalam agar penggunaan platform kami dapat dipergunakan lebih dalam untuk meningkatkan daya saing di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa (14/8/2018). 

Program tersebut turut menyasar individu maupun komunitas. Bagi para pencari kerja misalnya, pelatihan yang diselenggarakan Facebook akan membantu pengguna untuk meningkatkan profil di dalam media sosialnya.

Dalam penelitian Morning Consult, 90% Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menyatakan bahwa keterampilan digital dan media sosial menjadi salah satu pertimbangan penting dalam merekrut karyawan.

Ruben menerangkan fokus kampanye tersebut adalah meningkatkan literasi digital di Indonesia Timur. Pasalnya, pengakses internet di wilayah timur baru mencapai 15% dari total 148 juta pengguna internet di seluruh Indonesia.

Hal tersebut turut tercermin dari sebaran 110 juta pengguna platform Facebook di Indonesia yang sebagian besar berada di Pulau Jawa.

"Program ini terutama difokuskan untuk di daerah Indonesia Timur dengan memanfaatkan platform kami," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: