Didukung solusi F5, transformasi bisnis Alfacart mampu lipatgandakan transaksi marketplace

Minggu, 22 Juli 2018 | 15:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kecepatan akses dan jangkauan yang luas menjadi hal terpenting dalam sebuah bisnis marketplace. Ini pula yang disadari Alfacart.com.

Berawal sebagai saluran e-commerce dari Alfamart, jaringan convenience store ternama di Indonesia, Alfaonline bertransformasi menjadi Alfacart.com, toko online dan marketplace yang menghubungkan lebih dari 13 ribu gerai Alfamart di seluruh penjuru negeri.

Dalam transformasi besar-besaran tersebut, Alfacart mendapat dukungan dari F5 untuk memperkuat keamanan aplikasi dan manajemen trafik webnya.

"Alfacart.com mampu memproses jumlah transaksi online sepuluh kali lipat setiap harinya, dibandingkan sebelum menggunakan F5. Ini merupakan perubahan yang sangat positif karena operasional online adalah inti dari bisnis kami," kata Vice President of Information Technology, Alfacart, Dendy Pramudito melalui keterangan tertulisnya, Minggu (22/7/2018).

Melalui strategi online-to-offline, dia bilang, Alfacart mengembangkan model bisnisnya agar bisa menjadi marketplace, tempat para merchant menjual produk-produknya.

"Langkah ini tergolong revolusioner karena mencakup antara lain jaringan geografis toko fisik yang menjadi tempat pengambilan (penjual untuk menitipkan produknya atau pembeli jika ingin mengembalikan barang), pengiriman, dan pembayaran," sebut Dendy.

Alfacart menjangkau calon pelanggan melalui pemasaran digital yang luas dan melakukan promosi online untuk menyampaikan  inforrmasi mengenai model bisnis baru ini kepada khalayak. Sebagai konsekuensinya, trafik pada situs tumbuh pesat sehingga tim IT yang dipimpin Dendy Pramudito, harus bekerja lebih keras.

Tim ini harus memastikan infrastruktur IT Alfacart cukup mumpuni dalam menyediakan dan mendukung perkembangan layanan marketplace.

Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka harus melakukan desain ulang data center dan melakukan pembaruan peralatan IT perusahaan yang secara teknologi sudah mulai ketinggalan.

"Yang paling penting, kami membutuhkan pembaruan teknologi agar bisa mengatasi berbagai tantangan yang ada serta memenuhi kebutuhan di masa mendatang seiring perubahan bisnis kami. Kami bisa dengan mudah dan cepat mengidentifikasi masalah, khususnya dalam proses transaksi, karena dengan infrastruktur F5 kami dapat segera mendeteksi masalah pada aplikasi atau pun database," ujar Dendy Pramudito.

Sebelumnya, hosting Alfaonline berada dalam data center yang merupakan bagian dari infrastruktur Alfamart sendiri. Namun, setup awal ini tidak dilengkapi dengan dukungan yang memadai untuk melayani pemasaran digital Alfacart yang intensitasnya tinggi, serta trafik aplikasi yang cukup berat ketika model bisnis mereka berubah.Alfacart pun mulai mencari opsi layanan cloud publik.

Pihak perusahaan kemudian membangun aplikasi web baru, Alfacart.com, dan menempatkannya di AWS. Secara pararel, untuk membantu perusahaan memperbaiki manajemen trafik dan mengoptimalkan perilaku aplikasi dengan kontrol penyediaan aplikasi (application delivery) yang canggih. Tim Alfacart pun menghubungi F5.

"Kami sudah mencoba banyak produk dari berbagai vendor ADC tapi tak satu pun bisa memecahkan masalah kami. Itu sebelum kami melakukan POC (proof of concept) F5 di AWS. Menariknya, hasil uji langsung menunjukkan teknologi F5 bisa memenuhi kebutuhan kami dalam load balancing di lapisan aplikasi," ungkapnya.

Tim Alfacart.com mengimplementasikan BIG-IP Local Traffic Manager (LTM) dari F5. Kontrol yang lebih baik di lapisan aplikasi meningkatkan performa website secara keseluruhan melalui application behavior intelligence.

Selain itu, Alfacart juga mengimplementasikan BIG-IP Applicaton Security Manager (ASM) yang melindungi website dari ancaman-ancaman canggih dan kompleks, sekaligus memperbaiki performa aplikasi.

Laman Alfacart.com yang didukung oleh F5 saat ini dapat menerima transaksi online pada saat bersamaan, dalam jumlah besar. Juga, laman tersebut menawarkan proses yang ringkas dengan penyediaan dan routing konten pada satu titik. Optimalisasi situs ini juga berarti waktu loading yang cepat dengan konsumsi sumber daya komputasi dengan lebih sedikit.

Dengan BIG-IP LTM dari F5, Alfacart dapat mengatur trafik jaringan secara cerdas serta memastikan agar aplikasi selalu tersedia dan aman. Tim IT sangat puas karena mereka bisa mengatur sendiri modulnya dengan menggunakan iRules F5 untuk mengelola dan mengarahkan trafik sesuai kebutuhan.

Apalagi, mereka kini bisa mendapatkan informasi tentang performa aplikasi secara real time sehingga bisa langsung mengidentifikasi masalah yang muncul dan langsung memperbaikinya.

BIG-IP LTM juga menawarkan caching yang dinamis sehingga situs Alfacart.com dapat melakukan cache halaman HTML penuh yang terlihat dinamis selain juga obyek-obyek yang statis. Dengan kemampuan ini situs Alfacart.com dapat melakukan cache pada laman promosi sehingga tidak perlu sering melakukan refresh. Perbaikan ini secara signifikan membantu Alfacart.com menghemat konsumsi sumber daya aplikasi dan database.

"Ketika pertama mencoba solusi F5, kami kagum ternyata solusi dapat menangani 65 ribu transaksi di website tanpa masalah apapun. Pada puncaknya, Alfacart.com melakukan hingga 65 ribu transaksi dan konfigurasi F5 tidak terjadi downtime. Kami bahkan mencoba hingga 80 ribu transaksi dalam dua hari dan semua tetap berjalan lancar," tegasnya.

Optimalisasi pun berarti bahwa sistem bisa mengelola trafik transaksi yang jauh lebih besar, mempertahankan agar trafik aplikasi tetap cepat, dan memastikan agar Alfacart.com selalu tersedia bagi pengguna.

BIG-IP ASM merupakan firewall aplikasi web (web applicaton firewall/WAF) yang secara aktif melindungi situs Alfacart.com dari serangan web. Produk ini mengamankan aplikasi dari serangan layer 7 DDoS, traffic bot serta kelemahan aplikasi dan ancaman online lainnya.

"Dengan modul ini juga tim IT dapat mengetahui trafik web secara jelas sehingga dapat melindungi situs Alfacart.com dari serangan yang membaur dengan trafik web normal, feed data streaming, dan chat. Yang paling penting, F5 melakukan semua ini tanpa mengganggu performa situs," pungkas Dendy. kbc10

Bagikan artikel ini: