Resmi meluncur di Jawa Timur, All New Ertiga dibanderol mulai Rp195,5 juta

Minggu, 13 Mei 2018 | 21:26 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah meluncur di Jakarta pada akhir April 2018 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi menghadirkan multipurpose vehicle (MPV) tujuh penumpang All New Suzuki Ertiga di pasar Jawa Timur.

Peluncuran All New Ertiga dipusatkan di Atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya, sekaligus digelar pameran pada Sabtu (12/5/2018).

Penampilan Suzuki Ertiga terbaru ini benar-benar berubah dibanding model sebelumnya, mulai dimensi, eksterior, interior, fitur hingga sistem keamanan.

4W Deputy Managing Director PT SIS, Setiawan Surya menuturkan, Ertiga sudah hadir di pasar sejak April 2012 lalu dan selama ini telah menjadi andalan penjualan Suzuki. "Sudah enam tahun Errtiga hadir dan sudah saatnya dilakukan penyegaran. Ini juga untuk menjawab keinginan serta kebutuhan masyarakat atau konsumen," katanya pada press conference All New Ertiga di Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Sabtu (12/5/2018).

Dikatakannya, dengan perubahan yang cukup signifikan, kehadiran Ertiga terbaru itu diharapkan mampu menaikkan 60 persen dari penjualan rata-rata Ertiga terdahulu sebanyak 3.000 unit tiap bulan secara nasional.

"Jualan Ertiga sebelumnya 3.000-an (unit per bulan), jadi dengan ini kita optimistis penjualannya bisa naik menjadi 5.000 unit per bulan," ujarnya.

Diakuinya, di tengah ketatnya persaingan di pasar segmen low MPV, pihaknya bersyukur Ertiga masih mendapat tempat di masyarakat. Terbukti saat ini market share Ertiga sebesar 14,6 persen di pasar low MPV.

Oleh karenanya, dengan adanya penyegaran yang signifikan tersebut diharapkan market share dan volume penjualan All New Ertiga bisa meningkat.

Sebenarnya apa saja perubahan yang ada pada All New Ertiga?

Desain eksterior makin dinamis dengan garis tegas dari kap mesin hingga bonet. Bagian interior mendapat penyegaran desain dengan aksen corak kayu.

Model ini menggunakan platform HEARTECT generasi terbaru dan bodi yang lebih panjang 130 mm diklaim menciptakan ruang bagasi lebih lapang dibanding model sebelumnya. Dimensi yang lebih lapang ini juga berdampak pada kenyamanan penumpang.

Kabin yang luas menyediakan kenyamanan dan kemudahan dengan ruang kaki, ruang kepala, dan ruang bagasi yang lebih luas. Sebagai mobil keluarga, Suzuki Ertiga terbaru dilengkapi dengan cup holder berventilasi untuk menjaga minuman tetap dingin.

Bertambahnya dimensi panjang dan lebar dari All New Ertiga ditujukan menambah kelegaan dan kenyamanan ruang kabin bagi penumpang yang mampu dimuat sebanyak 7 orang. Semua penumpang diakomodasi dengan nyaman, termasuk kursi baris ketiga yang disediakan lebih banyak ruang untuk kaki tanpa mempengaruhi kenyamanan di baris kedua berkat penambahan sepanjang 70 milimeter di antara titik pinggul baris kedua dan ketiga.

Ruang bagasi Suzuki Ertiga terbaru juga makin luas, yakni 199 liter ketika papan bagasi diturunkan dan 153 liter saat papan bagasi digunakan. Artinya, ruang bagasi ini 40 liter lebih banyak dibanding model sebelumnya.

All New Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin bensin 1.5L empat silinder 16 katup dengan kode K15B. Mesin berkubikasi 1.462 cc ini mampu menghasilkan tenaga 77 kW pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

Ada 7 pilihan warna menarik All New Ertiga, yaitu Metallic Magma Gray, Pearl Glorious Brown,  Metallic Silky Silver, Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Pearl Radiant Red.

Sementara itu Direktur PT United Motors Centre (UMC) selaku diler resmi mobil Suzuki di Jawa Timur, Prabowo Liegangsaputro menuturkan, sepanjang kuartal I tahun 2018 pasar otomotif di Jawa Timur mengalami kenaikan 13-14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dia bersyukur penjualan mobil Suzuki tumbuh lebih baik ketimbang pasar.

"Oleh karena itu kami optimistis kehadiran All New Ertiga ini mampu mendongkrak penjualan dan market share Suzuki," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, market share Ertiga di segmen low MPV di pasar Jatim di kisaran 20 persen. Dengan hadirnya All New Ertiga ini ditargetkan market sharenya naik kembali di kisaran 25-30 persen seperti yang pernah diraihnya beberapa tahun lalu.

Sementara itu terkait inden, meski harga resmi All New Ertiga baru dirilis, namun minat masyarakat terbilang tinggi. Buktinya, hingga 8 Mei 2018 lalu saja inden All New Ertiga sudah mencapai 1.284 unit secara nasional. Sedangkan di wilayah Jawa Timur mencapai 150 unit.

"Angka ini akan terus meningkat, karena kami baru menggelar pameran ini mulai hari ini (12/5/2018)," tukas Prabowo.

Di wilayah Jawa Timur, harga on the roal All New Ertiga  dipatok mulai Rp 195,5 juta (tipe GA), Rp  214 juta (tipe GL M/T), Rp 224,5 juta (tipe GL A/T), Rp 225,5 juta (tipe GX M/T), dan Rp 236 juta (tipe GX A/T). kbc7

Bagikan artikel ini: