Anak muda beralih ke Snapchat dan Instagram, kini Facebook lebih banyak diisi orang tua

Selasa, 13 Februari 2018 | 13:18 WIB ET
(AFP)
(AFP)

JAKARTA, kabarbisnis.com: Media sosial Facebook kini dilaporkan lebih banyak didominasi kaum berusia relatif dewasa/tua, seperti ibu-ibu, bapak-bapak, dan kakek-nenek. Adapun anak muda milenial banyak beralih ke Snapchat dan Instagram.

Riset EMarketer terbaru yang dipublikasikan mengonfirmasi hal tersebut, khususnya di Amerika Serikat. Alasan kalangan muda beralih ke Snapchat dan Instagram karena fitur videonya yang lebih cepat dan menarik.

EMarketer memperkirakan penurunan pertama pengguna Facebook berada dalam kelompok usia 18-24 di AS yang turun 5,8 persen tahun ini. Adapun untuk kelompok usia 12-17 di Amerika Serikat menurun 5,6 persen; dan kelompok usia di bawah 12 tahun turun 9,3 persen tahun ini.

Laporan eMarketer menambahkan, tren yang sama diperkirakan berlanjut hingga 2019 dan 2020, dengan penurunan di semua segmen pengguna AS di bawah usia 25 tahun.

Facebook akan kehilangan sekitar dua juta pengguna di bawah 25 tahun ini. Mereka beralih ke Snapchat dan Instagram.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Snapchat menambah 1,9 juta pengguna di bawah 25 di tahun 2018 dan Instagram menambah 1,6 juta. Snapchat disebutkan akan terus menarik pengguna berusia 12 sampai 24 dari Instagram.

Meski demikian, Facebook tetap menjadi jaringan sosial terpopuler di pasar AS dengan perkiraan 169,5 juta pengguna tahun ini.

Diperkirakan, instagram yang tumbuh lebih cepat akan digunakan oleh 104,7 juta orang Amerika dan Snapchat akan mencapai 86,5 juta pengguna. kbc4

Bagikan artikel ini: