Sudah siapkan motor listrik EV Neo, AHM kepincut PCX

Senin, 6 November 2017 | 15:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Honda Motor Co. resmi memperkenalkan model PCX listrik di ajang Tokyo Motor Show pada akhir Oktober lalu. Hanya, kapan kepastian motor tersebut mengaspal di Indonesia, pihak PT Astra Honda Motor (AHM) masih belum memastikannya. AHM masih mempertimbangkan dengan motor listrik Honda EV Neo.

CEO Honda Motors Co Ltd Takahiro Hachigo, telah memastikan bahwa PCX listrik tersebut bakal meluncur di Jepang, kemudian baru negara-negara lainnya. Pilihan PCX karena model ini sangat populer di seluruh dunia. Skutik listrik Honda ini memiliki panjang 1,923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm diharapkan mampu menjawab kebutuhan pengendara masa depan yang lebih harmonis dengan lingkungan sekitar. Motor ini dibekali dengan baterai jenis Li-ion yang ergonomis karena bisa dilepas (Honda Mobile Power Pack). Untuk output-nya diklaim di 0,98 kW.

Kendati pihak AHM masih mempertimbangkan model PCX listrik ini akan masuk ke Indonesia dengan pertimbangan melihat regulasi pemerintah dan kesiapan infrastruktur, namun AHM sejatinya telah mempersiapkannya sejak lama. Manufaktur motor Honda di Indonesia berencana meluncurkan motor/skuter listrik pada 2018 mendatang.

Persiapan sudah dilakukan sejak beberapa waktu dengan memperkenalkan teknologi elektrifikasi lewat serangkaian uji coba. Honda EV Neo--model yang mirip Honda Vario namun bertenaga listrik--telah diujicobakan lewat program Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik yang dilakukan pada periode September-Oktober dengan melibatkan para pengguna sepeda motor di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Metode uji coba—hampir berbarengan dengan uji coba yang dilakukan oleh produk motor listrik nasional, Gesit-- dilakukan melalui pengamatan dan pengalaman perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik Honda EV Neo yang disediakan sepanjang program berlangsung. “Kami berharap, motor listrik Honda ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam program ini agar kita bisa memahami perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik. Kedepan kita berharap dapat bersama-sama menyuguhkan solusi mobilitas yang terbaik untuk masyarakat di masa mendatang,” kata Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM.

Tapi uji coba dengan Honda EV Neo tersebut tidak ada kabar kelanjutannya. Thomas menambahkan, pihaknya akan memasarkan PCX hybrida dan listrik yang di-launching di Tokyo Motor Show ketimbang EV Neo. Tahun ini adalah finalisasi riset PCX listrik, sekaligus keputusan untuk model mana yang bakal dilaunching. kbc10

Bagikan artikel ini: