Dukungan ulama Jombang untuk La Nyalla makin deras

Jum'at, 20 Oktober 2017 | 10:48 WIB ET
La Nyalla Mahmud Mattalitti (ilustrasi)
La Nyalla Mahmud Mattalitti (ilustrasi)

JOMBANG, kabarbisnis.com: Kalangan ulama dan sejumlah pesantren di Kabupaten Jombang menyambut hangat dan mendukung pencalonan Ketua Umum Kadin Jatim Ir. H. La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai calon gubernur Jatim. Dukungan ini terasa spesial karena Jombang adalah wilayah yang memiliki tempat istimewa dalam sejarah perjalanan ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama.

La Nyalla yang sejak lama sudah dikenal akrab dengan kalangan ulama dinilai mampu memberi solusi terhadap permasalahan kesejahteraan umat. Hal ini mengingat latar belakang La Nyalla sebagai pengusaha sukses yang kemudian dipercaya memimpin Kadin Jatim sejak

Doa dan dukungan di antaranya datang dari KH Hasib Wahab, pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Chasbullah Bahrul Ulum, yang tak lain adalah putra salah seorang pendiri NU KH Wahab Chasbullah.

”Semoga Pak La Nyalla dimudahkan jalannya untuk mewujudkan niat membangun Jatim,” ujar KH Hasib Wahab saat menyambut silaturahim La Nyalla beberapa waktu lalu.

KH Hasib Wahab optimistis, La Nyalla bisa menghadirkan solusi konkrit dan strategis bagi permasalahan-permasalahan di Jatim, terutama terkait perekonomian seperti kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan sosial.

”Pak La Nyalla sudah sampaikan detil tentang bagaimana ekonomi umat ke depan dibangun. Dia bisa bisa detil karena pengusaha dan paham masalah di lapangan. Maka wajib hukumnya umat memimpin terbaik dari pilihan-pilihan yang ada saat ini. Sosok terbaik itu Insya Allah Pak La Nyalla,” ujarnya.

Dukungan senada juga datang dari Ponpes Tebu Ireng. Di pesantren yang dikembangkan pendiri NU KH Hasyim Asyari itu, La Nyalla mendapat dukungan dan doa dari Gus Irvan Yusuf Hasyim yang merupakan sepupu almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). La Nyalla kemudian diajak berziarah ke makam KH Hasyim Asyari. Turut mendampingi Gus Ulip Asad dari Ponpes Darul Ulum.

"Saya yakin niat beliau maju Pilgub Jatim karena ingin membenahi Jatim. Saya titip pesan soal kesejahteraan rakyat. Kebetulan Pak La Nyalla adalah pengusaha sukses dan ketua Kadin Jatim, sehingga pasti tahu masalah ekonomi, dan yang lebih penting lagi paham obatnya. Jadi masyarakat bisa tambah makmur nantinya," ujar Gus Irvan.

Pemimpin Tarekat Qodiriyah Wanasabandiyah KH Ahmad Tamim Romli di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Peterongan, mengutarakan dukungan yang sama.

”Pak La Nyalla ini saya tahu betul bahwa niatnya hanya untuk mengabdi kepada masyarakat. Saya tahu niat itu datang dari hatinya. Insya Allah amanah, maka harus kita dukung bersama," ujar Kiai Tamim.

Selain di Jombang, dukungan untuk La Nyalla juga mengalir dari pesantren, tokoh masyarakat, dan kalangan lainnya dari 38 kabupaten/kota se-Jatim.

La Nyalla berterima kasih atas doa dan dukungan dari berbagai pesantren dan beragam kalangan masyarakat yang hampir setahun terakhir ini dia temui di 38 kabupaten/kota se-Jatim. "Saya sungguh bersyukur, ternyata respons dukungan dari bawah sangat kuat. Saya sudah berkomitmen mewakafkan diri saya untuk masyarakat Jatim, sehingga amanah dari masyarakat akan saya jaga betul," kata La Nyalla. kbc3

Bagikan artikel ini: