2018, Terminal Petikemas Surabaya optimis alami pertumbuhan 4 persen

Kamis, 5 Oktober 2017 | 21:21 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Akan berakhirnya kontrak kerjasama antara Pelindo III dengan Dubai Port World dalam mengelola PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) di 2019 diyakini tidak akan  menimbulkan dampak negatif terhadap kinerja terminal tersebut. Bahkan managemen TPS menargetkan kenaikan arus petikemas sebesar 4 persen di tahun 2018.

“Kami optimis tahun 2018 arus petikemas bakal naik sekitar 4 persen dibanding perkiraan realisasi tahun ini sebesar 1,4 juta Teus. Sementara pendapatan kami yakin akan naik sekitar 6 persen hingga 8 persen,” ujar Direktur Utama PT TPS, Yon Irawan saat acara Bakti Sosial Hari Perhubungan Nasional di kantor TPS, Surabaya, Kamis (5/10/2017).

Perkiraan besarnya pertumbuhan kinerja tersebut dengan mengacu pada semakin membaiknya perekonomian Indonesia, utamanya Jawa Timur. Hal ini terlihat dari makin besarnya laju arus ekspor yang melalui TPS. Bahkan secara umum, saat ini arus ekspor di Jatim lebih besar dibanding impor. “Banyak petikemas impor yang kosong. Harapannya petikemas ini akan diisi oleh ekspor,” tegasnya.

Selain perekonomian yang sudah mengalami recovery, proyeksi kinerja tersebut juga dipicu oleh prasarana yang sudah memadahi. Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) sudah kondusif sehingga kapal besar sudah bisa masuk. Prasarana di TPS juga sudah sangat memadahi dengan elektrifikasi seluruh crane yang beroperasi dan penambahan crane baru di tahun ini.

“Selain itu, pentarifan pelayaran juga sudah jelas dan sudah ditetapkan oleh pemerintah. Inilah yang kemudian membuat kami sangat optimistis bahwa kinerja tahun depan akan jauh lebih baik dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Sementara untuk investasi di 2018, Yon mengatakan masih tetap ada dan dianggarkan dengan besaran kira-kira seperti tahun ini, yaitu sekitar Rp 1,2 triliun. Investasi tersebut diantaranya untuk pengadaan peralatan pendukung lainnya di pelabuhan.

Terkait isu berakhirnya kontrak Dubai Port World dengan Pilindo III, Yon sekali lagi menegaskan bahwa kondisi itu sama sekali tidak berpengaruh pada kineja TPS dan  tidak ada persiapan khusus dalam menghadapinya. Seperti biasanya, TPS akan terus memberikan pelayanan terbaik dan akan berupaya meningkatkannya.

“Tidak jadi soal, semua baik-baik saja dan tidak ada persiapan khusus di TPS. Kerjasama tersebut ada di level Pelindo III dengan Dubai Port World. Sehingga di sini kami  bekerja seperti biasa dan tidak ada yang berubah,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: