Tekan harga, Pelindo III kirim ribuan sak semen ke wilayah ini

Kamis, 31 Agustus 2017 | 13:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III kembali mengirimkan semen ke wilayah Indonesia Timur. Kali ini, semen sebanyak 2.700 sak dikirim ke dua wilayah, yaitu Waingapu dan Rote. Sebelumnya, Pelindo III telah sukses mengirimkan semen ke wilayah Kupang, Waingapu dan Rote pada April 2017 yang lalu.

Sebanyak 2.700 sak semen yang diangkut dalam enam petikemas telah diberangkatkan dengan menggunakan kapal Pelni melalui Dermaga Jamrud Tanjung Perak pada hari ini, Kamis (31/8/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Pelindo III Ari Askara Danadiputra, GM Tanjung Perak Joko Noerhudha, Kepala Adpel Tanjung Perak Mauritz H Sibarani, pejabat struktural Semen Indonesia, Pelni dan Bulog. Upaya ini sebagai bagian melaksanakan program "Rumah Kita" dan BUMN Hadir Untuk Negeri.

"Pengiriman semen hari ini bertujuan menekan disparitas harga semen yang ada di kawasan Indonesia Timur. Harapan kami penurunan bisa mencapai sekitar 14 persen hingga 16 persen. Kalau biasanya harga di sana minimal Rp 55.000 per sak semen, maka dalam program ini harga semen kami tetapkan sebesar Rp 47.500 per sak," kata Askhara yang ditemui usai secara resmi melepas secara seremonial enam petikemas berisi semen ke Rote.

Mekanismenya, Semen Indonesia menjual dengan harga terendah. Sementara Pelindo lII bertugas menyediakan dan menyiapkan tempat perdagangan dan tempat penyimpanan untuk bahan kebutuhan pokok, selain itu juga menyiapkan rencana lokasi pelabuhan, gudang, fasilitas dan peralatan serta pelayanan jasa kepelabuhanan.  Sedangkan Pelni menyedialan kapal untuk mengangkut semen melalui jalur tol laut. Selanjutnya akan didistribusikan Bulog langsung ke konsumen. Melalui mekanisme seperti ini, walaupun tanpa adanya subsidi, harga dipastikan bisa ditekan melalui pemangkasan jalur distribusi.

“Jadi ada pemangkasan jalur distribusi, kalau biasanya yang ambil untung banyak itu pengusaha yang mendistribusikan, maka jalurnya kami pangkas. Tidak ada lagi Distributor 1 dan Distributor 2, dari Bulog langsing ke konsumen. Konsumen yang membutuhkan bisa langsung mengajukan permohonan ke Bulog dengan menjelaskan peruntukannya. Nanti Bulog akan mengirimkan,” tambah Vice President Corporate Communication Pelindo Ill, Widyaswendra.

Menurutnya, program rumah kita merupakan program Kementerian Perhubungan sebagai pendukung program to laut. Ini berfungsi sebagai pusat logistik dan merupakan tempat untuk menampung barang-barang guna mempertahankan harga sekaligus mengumpulkan barang.

"Pada program ini, kami dari Pelindo Ill diberi tanggung jawab untuk di wilayah Dompu, Waingapu, Rote dan Kalabahi, dan dengan adanya rumah kita diharapkan mendorong perekonomian di wilayah Indonesia Timur," pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: