Yuk simak perjalanan Jeff Bezos, sukses bangun Amazon

Kamis, 31 Agustus 2017 | 09:58 WIB ET

BANYAK orang sukses dan kaya dunia yang bergelut di bisnis teknologi. Salah satunya adalah Jeffrey Preston Bezos. Dia adalah pendiri portal online belanja populer Amazon.com dan pengusaha internet Amerika. Bagaimana kisah pria ini hingga menjadi sukses seperti sekarang ini?

Jeffrey Preston Bezos lahir  12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico. Keluarganya adalah orang kaya dan pernah  mengakuisisi 250.000 hektare areal peternakan di Cotulla, di mana Bezos menghabiskan sebagian besar musim panas  masa kecilnya dan bekerja dengan kakeknya. Pada usia muda Bezos mulai memperlihatkan ketertarikannya dengan dunia ilmu pengetahun dan ayahnya mengkonversi  garasi  menjadi laboratorium untuk proyek-proyek ilmunya.

Nenek moyang Bezos adalah orang Texas  yang secara turun temurun memiliki peternakan seluas 101 km² di Cotulla. Kakeknya adalah direktur regional Komisi Energi Atom AS  di Albuquerque yang minta pensiun lebih awal untuk bekerja di peternakan. Di masa remaja, Bezos sering menghabiskan musim panas bersama kakeknya. Sejak kecil, Bezos sudah memperlihatkan bakatnya di bidang mekanik. Bezos balita pernah mencoba membongkar sendiri tempat tidur miliknya dengan obeng.

Bezos dilahirkan ketika ibunya yang bernama Jackie Bezos masih berusia belasan tahun. Pernikahan ayah dan ibunya hanya bertahan setahun lebih. Ibunya menikah kembali ketika Bezos masih berusia lima tahun. Ayah tiri Bezos yang bernama Miguel Bezos adalah imigran asal Kuba.

Keluarga Bezos pindah ke Florida, di mana ia menjadi  pelajar di Miami Palmetto Senior High School. Saat  di SMA, Bezos jatuh cinta dengan komputer. Setelah tamat SMA ia terdaftar ke Princeton University untuk belajar fisika, tetapi memutuskan untuk melanjutkan kecintaannya pada komputer, dan lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik listrik.

Bezos bergabung dengan Fitel, sebuah perusahaan teknologi tinggi start-up di New York yang membangun jaringan untuk melakukan perdagangan internasional. Dua tahun kemudian, Bezos mulai bekerja untuk Bankers Trust Company di New York, di mana dia memimpin pengembangan sistem komputer mereka dan menjadi wakil presiden termuda perusahaan itu pada  1990.

Kemudian Bezos pindah bekerja ke  D.E. Shaw & Co 1990-1994 yang khusus dalam penerapan ilmu komputer untuk pasar saham, di mana dia membantu membangun the most technically sophisticated quantitative salah satu hedge  di Wall Street. Ia dipromosikan dari “in-house geek” ke pengelola uang, maka pada  1992, dia menjadi wakil presiden senior terakhir  mereka. Ketika bekerja di Shaw, Bezos bertemu dengan istrinya, Mackenzie.

Pada  1994 Bezos mengamati bahwa penggunaan internet telah meningkat 2.300%  per tahun. Dia melihat kesempatan untuk era baru perdagangan, dan segera mulai mempertimbangkan kemungkinan. Buku produk, yang tidak memiliki  surat katalog pesanan, membuatnya  menghadiri Konvensi Booksellers Amerika untuk belajar segala hal tentang bisnis buku.

Dia menemukan semua lokasi  yang diperlukan ada  di Internet, di mana masyarakat bisa mencari stok yang tersedia dari book-buying dan langsung mendatangi  tempat. Pengusaha Bezos kembeli menemukan  ide, sehingga  dia pun memilih bisnis sendiri.

Bezos dan istrinya pindah ke Seattle, di mana mereka memiliki akses ke grosir buku  Ingram, dan  itu perlu untuk proyek  computer Bezos. Lalu dia mendirikan Amazon, perusahaan akan disebut Amazon seperti  sungai di Amerika Selatan yang jangkauannya tidak terhitung.

Mereka mendirikan usaha itu dari  rumah dua kamar tidur,  tiga Sun microstations. Ketika tes situs  sudah dibangun dan berjalan, Bezos meminta 300 orang untuk mengujinya. Kode dites  di banyak platform komputer yang berbeda dan pada  16 Juli 1995, ia membuka situs website untuk dunia. Dengan promosi dari mulut ke mulut dalam 30 hari sudah menyebar dengan tidak ada iklan, Amazon.com telah menjual buku di seluruh 50 negara bagian dan 45 negara asing.

Pada September  1995, situs ini telah mencapai penjualan  US$20.000 per minggu. Bezos dan timnya terus memperbaiki situs dan memperkenalkan fitur baru seperti satu-klik belanja, ulasan pelanggan, dan e-mail verifikasi order.

Pada awalnya, Bezos mengakui kepada investor  ada 70%  kemungkinan mereka akan kehilangan investasi mereka, tetapi orang tuanya masih menandatangani kontrak untuk $ 300.000. Mereka menjadi milyarder. Saham telah dibagi tiga kali, dan sekitar sepertiga dari saham itu masih dipegang oleh anggota keluarga. Amazon kemudian pindah ke CD musik, video, mainan, elektronik, pakaian dan banyak lagi, dan ketika gelembung pasar saham Internet pecah, sedangkan dot.com start-up lain menguap, Amazon terus memposting keuntungan.

Hari ini, Bezos dan Mackenzie hidup di utara Seattle dan  lebih peduli dengan kegiatan filantropi. “Memberikan uang membutuhkan banyak perhatian seperti  membangun perusahaan yang sukses," katanya. Kekayaan Bezos  saat ini bernilai sekitar US$2 miliar sampai lebih dari US$9 miliar.

Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com. Pada tahun 1998, Bezos memiliki 41 persen saham Amazon.com, tapi jumlahnya berkurang menjadi tinggal 24,26 persen (sekitar 100 juta lembar saham) pada tahun 2006. Gajinya tidak pernah naik sejak tahun 1998, besarnya AS$81.840 per tahun ditambah tunjangan sebesar AS$1,1 juta. kbc10

Bagikan artikel ini: