Surfer dunia siap beraksi di Pantai Watu Karung Pacitan

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 23:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Penggila surfing baiknya segera kosongkan jadwal pada 16-20 Agustus 2017. Pasalnya, ada kejuaraan surfer kelas internasional bertajuk Hello Pacitan Pro 2017 di Pantai Watu Karung, Pacitan. Dijamin, ada banyak aksi keren dari surfer-surfer terbaik dunia.

"Kejuaraan ini merupakan bagian dari tur Asian Surfing Championships (ASC) Men's QS1000 akan menampilkan beberapa surfer Qualifying Series," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, Wasi Prayitno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/8/2017(.

Ombak Pantai Watu Karung Pacitan yang besar, tinggi, dan menggulung panjang hingga radius satu kilometer, diyakini cukup menggoda para surfer top dunia untuk tampil. Apalagi, para surfer Eropa dan Australia kerap menjuluki destinasi surfing ini sebagai "The Next Bali in Pacitan." Nama-nama beken seperti Rizal Tanjung, Marlon Gerber, Pepen Hendrik, Kelly Slater dan Rio Waida, langsung antre berkompetisi di sana.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengapresiasi ajang sport tourism ini. Dari data Repucom 2014, surfing berada di posisi pertama yang punya penonton paling loyal. Setelah itu balap mobil Nascar, MLB, kompetisi bola basket NBA dan kompetisi football NFL. "Bisa dipastikan para surfer mancanegara akan membawa penonton ke Indonesia," kata Arief Yahya.

Mulai tahun depan, Kementerian Pariwisata akan menggarap sepuluh kompetisi surfing di sepuluh destinasi surfing di Indonesia. "Koordinasi terus kami lakukan bersama World Surf Leauge (WSL), Regional Manager Asia (WSL) dan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI)," kata Arief.

Di tingkat regional akan digelar di 10 destinasi surfing di Indonesia. "Puncaknya, kami berharap bisa menyelenggarakan Kompetisi Selancar Tingkat Dunia tahun 2019 di Mentawai-Sumatera Barat," kata Arif. Selain Hello Pacitan, ada Pacitan Geopark Fair yang memamerkan produk unggulan dan kuliner. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: