BEI bakal naikkan batasan order bagi investor

Selasa, 25 Juli 2017 | 08:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana meningkatkan batasan order dari semula 50.000 lot per sekali pemesanan. Guna memuluskan rencana ini, otoritas bursa akan menggelontorkan investasi untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio mengatakan kejadian terganggunya sistem informasi pada 20 Juli 2017 bukan persoalan sistem perdagangan (trading engine). Menurutnya, kejadian tersebut tidak ada yang bisa memprediksi.

Pasalnya, lanjutnya, ada 1 triliun waran yang dijual sekaligus. Sementara, batasan per sekali order hanya 50.000 lot, sehingga investor memencet 200.000 kali. Namun, persoalan tersebut bisa diselesaikan dalam 4 menit. Jadi, lanjutnya, tidak ada kaitannya dengan sistem trading.

“Kita batasi 50, kita akan ningkatkan nantinya. Tapi maaf saya tidak akan bilang naik ke berapa. Karena informasi ini tidak boleh ketauan keluar, nanti hacker tahu,” katanya di gedung Bursa Efek Indonesia, Senin (24/7/2017).

Namun, dia menekankan bahwa dengan peningkatan tersebut maka kemampuan order akan cukup. Pasalnya, rata-rata saat ini masih berada di level 40.000 lot per sekali pemesanan.

Selain itu, dia menegaskan jika target perubahan ke sistem baru masih di akhir Agustus 2017. Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah melakukan uji coba. Pasalnya, infrastruktur dan sistem sudah ada.

“Sekarang lagi masa trial, barangnya sudah ada, sistem sudah ada, lagi trial terus, kira-kira akhir Agustus pindahan resmi semua. Jadi target masih,” ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: