Tak sempat bersih-bersih rumah? 'Mbakmu' siap jadi asisten rumah tangga instan

Minggu, 09 Juli 2017 | 17:30 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Di saat dihadapkan pada kesibukan pekerjaan atau lelah sepulang kerja, rasa kesal akan melanda ketika rumah atau apartemen hunian kita berantakan dan kotor. Sementara tidak ada asisten rumah tangga alias pembantu di rumah.

Namun kerisauan Anda tersebut kini ada solusinya. Pasalnya telah hadir sebuah aplikasi layanan jasa kebersihan yang mudah, cepat, dan murah, dengan nama 'Mbakmu'.

Mbakmu didirikan oleh Johan Iskandar sebagai Founder, Cristian Aditya sebagai Co-founder, dan Senior Programmer Nur Sholeh.

Menurut Johan, mobilitas yang tinggi di masyarakat khususnya kota-kota besar dan tren rumah minimalis atau apartemen yang memiliki ruang terbatas tidak memungkinkan mereka untuk memiliki asisten rumah tangga yang tinggal di rumah. Di sisi lain kebutuhan akan jasa mereka sangat tinggi karena sempitnya waktu yang dimiliki masyarakat untuk kegiatan bersih-bersih rumah.

"Oleh karenanya Mbakmu hadir dan menjadi solusi. Mbakmu memudahkan pengguna atau customer dalam memesan jasa kebersihan. Karena bisa diunduh di Playstore, registrasi dan langsung bisa memesan, dan cleaner kami akan datang," jelasnya pada press conference peluncuran 'Mbakmu' di Hotel Gunawangsa MERR Surabaya, Minggu (9/7/2017).

Dipaparkannya, ada dua tipe layanan yang dapat dipilih oleh customer, yaitu layanan reguler dan layanan ekonomi. Pada layanan reguler, cleaner datang ke rumah customer dengan membawa alat dan obat pembersih. Sedangkan layanan ekonomi, alat dan obat pembersih disediakan oleh customer.

"Sementara untuk jasa kebersihan yang disediakan Mbakmu ada dua, yaitu Pembersihan Standar (General Cleaning) dan Pembersihan Khusus (Specialize Cleaning) seperti karpet, sofa, gorden, serta matras tempat tidur (Kasur). Namun untuk ke depannya akan ditambahkan juga jasa laundry," ujar Johan.

Hanya saja, untuk sementara cakupan layanan yang disediakan untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Namun ke depan, pihaknya akan mengembangkannya ke kota-kota lain, seperti Jakarta dan sebagainya.

Ditambahkannya, guna menjamin keamanan dan kepercayaan pelanggan, pihaknya menggandeng vendor yang berpengalaman dan terpercaya dalam mengelola dan merekrut pekerja (cleaner). "Kita sudah menggandeng 300 mitra cleaner yang berpengalaman dan terlatih. Data-data mereka sudah kami pegang, sehingga bisa dijamin krediilitas dan kualitasnya," tuturnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga selalu menyertakan feedback kepada pelanggan setiap selesai menggunakan jasa kebersihan yang bisa diisi atau memberikn penilaian terhadap layanan yang baru diterima.

Soal besaran tarif yang dipatok, Johan memastikan sangat terjangkau dan lebih murah dibanding tarif dari penyedia layanan sejenis. "Tarif kami hanya Rp 38.000 per jam," ungkapnya.

Ke depan pihaknya terus menambah fitur dan layanan yang memudahkan dan memanjakan pengguna dan pelanggan, seperti layanan pembayaran nontunai, hadiah voucher, hingga update informasi terkini maupun tips-tips yang bermanfaat.

Johan mengklaim, meski baru diluncurkan, namun minat terhadap layanan Mbakmu cukup tinggi. Hal ini karena sebelumnya pihaknya telah melakukan survey kepada masyarakat terhadap layanan tersebut.

"Kami optimis ada lebih dari 100.000 unduhan aplikasi Mbakmu melalui Google Playstrore hingga akhir tahun ini," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: