Ruas tol Trans Jawa dan Sumatera ini bakal digratiskan untuk pemudik

Selasa, 30 Mei 2017 | 11:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Pontas Tambunan mengatakan, BUMN Karya akan membuka beberapa ruas jalan tol secara fungsional untuk Trans Sumatera dan Trans Jawa. Kedua mega tol ini dapat digunakan secara gratis selama mudik Lebaran 2017.

"Dalam menyambut Lebaran 2017, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero) akan membuka beberapa ruas jalan tol secara fungsional," ucapnya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Pontas menuturkan, ruas jalan tol yang dibuka fungsional di Tol Trans Jawa adalah Pemalang -Batang, Batang Semarang, serta sebagian ruas Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi Kertosoni, Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pasuruan.

Sementara ruas Jalan Tol  Trans Sumatera yang dibuka secara fungsional adalah Sebagian ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Medan-Binjai, Palembang-Indralaya dan Bakauheni-Terbanggi Besar. "Khusus Pejagan sampai Weleri Pejagan-Pemalang dengan menggunakan Lean Concrete," imbuh dia.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menambahkan, tiga ruas tol  lai di Jawa akan dioperasikan secara fungsional. Salah satunya ruas Bangil-Rembang  yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional Trans-Jawa sesuai Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

"Tarifnya bisa keluar atau enggak tergantung pejabat yang sibuk ngurusin ini kalau enggak sibuk keluar Juli kalau mau lewat sana ya gratis dulu," ungkap Desi.

Jasa Marga memberikan diskon 20 persen bagi pengguna e-toll selama H-4 dan H+4 lebaran 2017. Diskon tersebut berlaku untuk semua ruas tol jasa marga yang dilalui pemudik. "Mau meningkatkan penetrasi e-toll, kami keluarkan diskon. Di mana aja di ruas jasa marga didiskon 20 persen," pungkas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: