Vonis hakim ke Ahok banyak dapat apresiasi

Selasa, 9 Mei 2017 | 14:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PP PM) Dahnil Anzar Simanjuntak memberikan apresiasi terhadap putusan majelis hakim atas kasus penistaan agama dengan terpidana Basuki Tjahaja Purnama.

"Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, mengapresiasi keputusan vonis yang dibuat hakim kasus Ahok," kata Dahnil kepada wartawan di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

PM, kata dia, memandang hakim sudah menerapkan hukum progresif dengan membuat vonis lebih tinggi dari tuntutan jaksa penuntut umum dan menghadirkan keadilan untuk publik.

Dia mengatakan, PM mengimbau masyarakat agar menerima dengan lapang dada keputusan hakim sebagai cermin penghormatan terhadap keputusan hukum.

Masyarakat, lanjut dia, juga supaya tidak memproduksi kebisingan-kebisingan yang kontraproduktif bagi kepentingan bangsa dan negara.

Terkait JPU, dia mengatakan pihaknya menyesalkan tindak tanduk JPU yang sejak awal justru menegasikan dakwaannya sendiri.

Para saksi JPU, kata dia, justru membuat tuntutan yang bertentangan dengan dakwaan dan saksi yang mereka hadirkan sendiri dan punya sinyal tidak independen.

"Maka kami mendesak Komisi Kejaksaan untuk segera mengeluarkan sanksi terhadap JPU kasus Ahok ini dan mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera mempertimbangkan pemberhentian Jaksa Agung," kata dia seperti dikutip Antara. kbc3

Bagikan artikel ini: