Sosialisasikan perdagangan berjangka, JFX buka Futures Trading Learning Center di Ubaya

Kamis, 15 September 2016 | 23:02 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bursa Berjangka Jakarta atau Jakarta Futures Exchange (JFX) bersama stakeholder bursa berjangka di Indonesia terus berupaya meningkatkan pemahaman mengenai industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) untuk kalangan civitas akademika, salah satunya dengan mendirikan Futures Trading Learning Center (FTLC) di beberapa kampus. Yang terbaru, Jakarta Futures Exchange (JFX), PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI), PT Agrodana Futures melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Jatim, salah satunya Universitas Surabaya (Ubaya).

Dalam kerjasama ini, para pihak bekerjasama untuk mendirikan FTLC yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan pembelajaran dan pemahaman dini perihal industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK). Pusat pembelajaran ini ditujukan bagi kalangan civitas akademika, baik bagi mahasiswa maupun staf pengajar.

Direktur Utama JFX, Paulus Lumintang menjelaskan, JFX dan KBI berpartisipasi aktif dalam mengupayakan konsistensi, sustainabilitas dan progres kegiatan belajar-mengajar yang berlangsung di FTLC tersebut. Di FTLC nantinya akan dilaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat edukatif, seperti seminar, lomba online trading hingga kompetisi penulisan artikel tentang PBK. FTLC sendiri merupakan salah satu wujud tanggung jawab JFX dalam sosialisasi PBK di Indonesia  sesuai  amanat UU No 10/2011 tentang PBK (amandemen dari UU No.32/1997).

"Ubaya ini adalah salah satu kampus dari 17 kampus yang telah memiliki FTLC hasil kerjasama dengan JFX, KBI dan Pialang. Keberadaan FTLC di kampus akan memperkecil perception gap yang selama ini terjadi di antara industri dengan pendidikan, khususnya industri PBK," katanya usai penandatanganan kerjasama di Kampus Ubaya, Kamis (15/9/2016).

Perjanjian Kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor Universitas Ubaya Joniarto Parung, Dirut JFX Stephanus Paulus Lumintang, Dirut KBI Tris Sudarto dan Dirut Agrodana Futures Laurentius Gunawan.

Dalam kerjasama ini, infrastruktur ruang untuk FTLC disediakan oleh Kampus, sementara perangkat infrastruktur pendukung disediakan oleh Agrodana Futures, serta sumbangan literatur berupa buku  tentang perdagangan berjangka ditambah dengan kontribusi edukasi yang melansir sejumlah staf pengajar (trainer) secara regular menyampaikan trading knowledge, know-how serta best practices dalam industri PBK.

Dikatakan Paulus, FTLC adalah suatu upaya nyata SRO dalam menjembatani kampus sebagai ranah para akademisi dengan industri sebagai ranah bagi para praktisi. Keberadaan FTLC menjadi suatu enabler harmonisasi antara dunia pendidikan yang menyediakan SDM dengan industri yang menyediakan lapangan pekerjaan. kbc8

Bagikan artikel ini: