Geber penjualan, Nissan bikin program tukar mobil

Selasa, 23 Agustus 2016 | 07:08 WIB ET

Surabaya, kilasjatim.com: PT Nissan Motor Distributor Indonesia menggelar program "Nissan Trade-In Festival" pada Minggu (21/8). Program yang sengaja diadakan untuk menggairahkan pasar otomotif yang lesu ini digelar di diler Nissan Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Dalam program tukar tambah ini, pabrikan mobil asal Jepang itu menargetkan penjualan sebanyak 100 unit.

Area Manager Sales Department PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Agustian Ferikles mengatakan, Nissan Trade-In Festival sebelumnya digelar di Bandung beberapa bulan lalu. Hasilnya, dalam program tersebut Nissan berhasil membukukan penjualan sebanyak 100 unit. Dari jumlah itu, pembeli paling banyak ada di tipe Grand Livina. Disusul X-Trail. Di Surabaya, Nissan menggandeng Sedayu Advertising untuk menggelar even ini. Kegiatan yang baru diadakan tahun ini itu sengaja hanya diselenggarakan satu hari. Tujuannya, agar konsumen yang ingin tukar tambah segera mengambil keputusan. Jika lebih dari satu hari, dikhawatirkan konsumen menunda untuk menukar mobil mereka.

"Target penjualan di Surabaya samalah dengan Bandung, yaitu 100 unit. Selama even, kami akan memajang produk-produk andalan kami seperti Grand Livina, X-Trail dan Serena. Mudah-mudahan dengan even ini, target penjualan kami bisa tercapai ditengah situasi pasar yang lesu," katanya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan wholesales kendaraan roda empat pada Juli mencapai 62.585 unit, turun drastis dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 91.471 unit. Angka yang tercatat pada bulan tersebut juga merupakan yang terendah sepanjang tahun ini. Rinciannya, Toyota 25.430 unit, Daihatsu 10.689 unit, Honda. 9.308 unit, Mitsubishi 5.678 unit, Suzuki 5.040 unit, Datsun 2.215 unit, Hino 1.655 unit, Isuzu 720 unit, Nissan 648 unit, Mazda 244 unit, Mercedes-Benz 202 unit, Lexus 142 unit, UD Trucks 124 unit, Chevrolet 108 unit, KIA 101 unit, BMW 101 unit, Hyundai 88 unit, Tata 33 unit, VW 26 unit dan MINI 15 unit.

"Di Surabaya seri X-Trail pangsa pasarnya cukup besar, sekitar 37%. Disusul Grand Livina," ujar Feri sembari enggan menyebut secara detil angka penjualannya

Selain berupaya menggenjot penjualan dengan cara tukar tambah, Nissan juga fokus untuk pelayanan purna jual. Untuk menarik minat warga memiliki Nissan, diler siap untuk melayani pengadaan spare part dalam waktu 24 jam. Tak hanya itu, untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi, PT Nissan Motor Distributor Indonesia tahun ini berencana menambah lagi jaringan diler.

Di Jatim, rencananya akan ada penambahan diler di Sidoarjo. Sedangkan untuk daerah lain ada penambahan di Kupang dan Aceh. “Untuk produk baru yang benar-benar all new, kami saat ini belum ada. Semua masih produk lama dengan perubahan kecil (facelift). Mungkin baru tahun depan ada produk baru. Masih kami pelajari,” imbuh Area Manager Department Sales PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Hengky Panulu. kbc8

Bagikan artikel ini: