Subsidi Solar terpangkas Rp500, negara hemat Rp4 triliun

Kamis, 16 Juni 2016 | 14:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Usulan penurunan subsidi solar dari Rp 1.000 per liter menjadi Rp 500 per liter diperkirakan menghemat uang negara dalam enam bulan ke depan sebesar Rp 4 triliun.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan subsidi solar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 16 triliun, atau 16 juta kiloliter (KL) untuk tahun 2016.

“Masih ada enam bulan berikutnya, jadi masih bisa mengurangi setengah dari sisa Rp8 triliun, yaitu Rp4 triliun,” ujar Dirjen Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmaja Puja dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Penetapan subsidi solar Rp 500 per liter, lanjut Wirat, merupakan hasil kalkulasi dengan harga minyak saat ini. Selain itu, juga berdasarkan delta positif selama tiga bulan terakhir.

“Beberapa bulan terakhir, bisa dibilang kalau harga minyak relatif stabil. Naik sedikit-sedikit,” ucapnya.

Sesuai dengan tren tersebut, pemerintah menilai harga solar dapat dipertahankan hingga akhir tahun. Kecuali, apabila terjadi lonjakan harga minyak yang tinggi sekali, misalnya mencapai US$65 per barel, maka harus dilakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak.kbc11

Bagikan artikel ini: