Jokowi bertemu PM Vietnam, ini yang dibahas

Selasa, 16 Februari 2016 | 10:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung di Miramonte Resort, Indian Wells, Senin (15/2) siang waktu setempat. Pertemuan digelar di sela-sela KTT ASEAN-Amerika Serikat.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa isu yang dibahas. "Kerja sama perdagangan dan investasi, dan rencana kunjungan saya ke Vietnam,” ujar Presiden Jokowi.

Isu lain yang dibahas adalah batas maritim dan mengenai ASEAN.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengenai batas maritim dengan Vietnam terdapat masalah yang masih tertunda yaitu batas untuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

"Kita sudah melakukan perundingan sebanyak tujuh kali dan pertemuan konsultasi yang terakhir kita sudah lakukan pada Desember tahun 2015,” jelas Menlu.

Sebagaimana diketahui, penyelesaian batas-batas wilayah merupakan salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk menyelesaikan semua batas wilayah.

Dengan Vietnam, Pemerintah RI memiliki ZEE yang belum selesai dan Presiden Jokowi sudah memberikan instruksi supaya dapat diselesaikan.

“Oleh karena itu, dalam pertemuan tadi, Presiden dan Perdana Menteri sepakat agar dilakukan upaya untuk mempercepat penyelesaian batas maritim, dalam hal ini ZEE dengan Vietnam,” kata Retno. kbc9

Bagikan artikel ini: