Suzuki Jepang mulai dilirik Toyota Motor Corporation

Jum'at, 5 Februari 2016 | 15:54 WIB ET

TOKYO, kabarbisnis.com: Usai mencaplok kepemilikan di Daihatsu Motor, Toyota Motor Corporation (TMC) tampaknya tidak puas berhenti di situ untuk memperkuat penguasaan pasarnya. Kali ini, pabrikan ini serius mengincar Suzuki Jepang. Alasannya, penguasaan pasar mobil kecil Suzuki sangat menarik terutama di Indonesia dan di India.

Sementara teknologi akrab lingkungan TMC akan semakin menyempurnakan dan memperkuat posisi mobil kecil Suzuki.

"Perhatian TMC tampaknya melihat Suzuki yang sangat menguasai pasar luar Jepang terutama Indonesia dan India," ujar Takaki Nakanishi.

Penguasaan mobil sedan biasa ukuran kecil dari Suzuki sangat menarik perhatian TMC. Sementara TMC sangat kuat dalam bidang teknologi akrab lingkungan, di mana mendapat bantuan dana besar dari pemerintah Jepang bagi produsen mobil yang mengembangkan diri kepada teknologi akrab lingkungan.

Penguasaan pasar mobil kecil di Jepang selalu bergantian setiap tahun antara Daihatsu yang 51,2% sahamnya dimiliki TMC. Praktis menjadi milik Toyota.

Tahun 2015 misalnya, Daihatsu menguasai 32.1% pasar Jepang dan Suzuki menguasai 29,5%. Sisanya Honda (18,2%) dan Nissan (11,1%).

"Apabila TMC jadi membeli Suzuki nantinya tentu memberikan banyak manfaat bagi keduanya," katanya lagi.

Bagi Toyota dapat semakin memperkuat kekuatan pasar mobilnya sedangkan bagi Suzuki pun terbantu dengan teknologi maju Toyota pula.

Selain itu Suzuki yang masih dikuasai sepenuhnya oleh Chairmainnya saat ini, Osamu Suzuki dengan usia 85 tahun, tampaknya menjadi kebanggaan karena diambil alih produsen mobil terbesar dunia, dan bukan tidak mungkin Chairmain tersebut dapat istirahat nantinya apabila diambil sahamnya sebagian besar oleh TMC.

Menurut sumber Tribunnews.com, seorang top eksekutif produsen besar mobil Jepang, mengungkapkan, hubungan pribadi keluarga Toyoda dengan Suzuki sangat baik, "Bahkan di masa lalu Suzuki saat susah pernah dibantu pihak Toyota," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: