Nissan Kicks, pesaing Honda HR-V siap meluncur tahun depan

Rabu, 3 Februari 2016 | 12:28 WIB ET

BRASILIA, kabarbisnis.com: Selain segmen sport utility vehicle (SUV), persaingan cukup ketat juga terjadi pada segmen kendaraan crossover. Kali ini, Nissan Motor Company berencana merilis model barunya, Nissan Kicks, pada Agustus mendatang di Brasilia bersamaan dengan gelaran Olimpiade 2016.

Mobil yang disebut bakal menjadi pesaing Honda HR-V itu memang dibuat di Resende Industrial Complex, Brasilia. Nissan mengharapkan pabrik itu akan membuka 600 tenaga kerja baru.

Konsep Nissan Kicks pertamakali diperkenalkan di ajang Sao Paulo Motor Show 2014. Setahun kemudian, konsep itu diboyong ke gelaran Buenos Aires Motor Show 2015.

Varian crossover anyar Nissan itu menggunakan platform V milik Nissan yang juga digunakan sebagai dasar oleh Nissan Micra dan Nissan Sunny.

Mesinnya berkapasitas 1.800 cc dengan bahan bakar flex  yakni bisa menggunakan bahan bakar ethanol atau gas, tapi Nissan juga akan membuatnya dalam versi berbahan bakar bensin, serta diesel.

Untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda digunakan transmisi manual atau otomatis CVT. Dalam daftar portofololio varian, mobil ini dfitempatkan di bawah SUV Nissan X-Trail. Panjangnya 4.300 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.600 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya, 2.620 mm.

"Nissan menciptakan crossover pertama pada 2003 dengan Murano. Sejak itu kami menancapkan kepemimpinan crossover di dunia dengan Juke, Qashqai dan X-Trail yang sangat sukses. Kicks akan membawa pengalaman crossover Nissan yang unik ke negara yang lebih banyak," ujar CEO Nissan Carlos Ghosn dalam siaran persnya.

Chairman Nissan Amerika Latin José Valls menambahkan, crossover ini pas untuk masyarakat Amerika Latin. Dan ternyata bukan hanya di pasar Amerika, mobil ini juga akan diluncurkan di India pada 2017 mendatang. Bahkan, bakal dijajakan ke negara-negara lainnya di Asia, seperti dilaporkan India Today, Selasa (2/2/2016). kbc10

Bagikan artikel ini: