loading...
Kategori
KeuanganAsuransi
Mode Baca

OJK cabut izin Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya

Online: Rabu, 23 Oktober 2013 | 11:23 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) akhirnya resmi mencabut izin usaha PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya (BAJ) sebagai perusahaan asuransi jiwa.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Dewan Komisioner Nomor KEP-112/D.05/2013 tanggal 18 Oktober 2013. Langkah ini dilakukan OJK karena BAJ dinilai memiliki permasalahan kesehatan keuangan yang mengakibatkan tidak bisa membayar kewajiban kepada pemegang polis.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank I OJK, Ngalim Sawega mengatakan, masalah solvabilitas menjadi penyebab izin BAJ dicabut. OJK telah melakukan serangkaian upaya untuk mendukung perbaikan kinerja BAJ, namun tak kunjung berhasil.

“Serangkaian upaya perbaikan telah dilakukan, baik oleh pemegang saham maupun dengan mencoba mengundang investor lokal atau asing,” katanya, Selasa (22/10/2013).

Sebelum mencabut izin usaha ini, OJK telah mengenakan status pembekuan kegiatan usaha (PKU) ke BAJ. Kepala Eksekutif Pengawas Keuangan Non Bank OJK Firdaus Djaelani menambahkan, status PKU diberikan agar BAJ bisa memenuhi kewajibannya terhadap nasabah. “Mereka harus menyelesaikan kewajibannya,” ujar dia.

Firdaus menambahkan, manajemen BAJ bahkan ingin mengembalikan izin usahanya ke OJK. Namun, OJK menolak dan meminta perusahaan tersebut bertanggung jawab terlebih dahulu terhadap nasabahnya. Pasalnya, jika BAJ mengembalikan izin usaha tanpa memenuhi tanggung jawab, perusahaan itu akan terkena sanksi insolven dan administratif. Dewan direksi BAJ juga akan kesulitan untuk bekerja di perusahaan lain. kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/2/2014
12.150
IHSG
10/2/2014
5.000,81
-140,10 (-2,80%)