loading...
Kategori
Aneka BisnisTransportasi
Mode Baca

Lahan perluasan Bandara Mutiara capai Rp12 miliar

Online: Minggu, 12 Juli 2009 | 16:49 wib ET

PALU - Pemkot Palu di Sulawesi Tengah melaporkan total besaran biaya ganti-rugi tanah dan bangunan untuk perluasan Bandara Mutiara mencapai Rp21 miliar. Biaya ganti rugi ini diperuntukkan bagi lebih 100 orang pemilik lahan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Palu, Ansyar Setiadi Rasjid, di Palu, Minggu (12/7) mengatakan pembayaran ganti-rugi tanah dan bangunan kepada pemiliknya itu akan dilakukan secara bertahap oleh pihaknya.

Untuk tahun 2009 ini akan dilakukan pembayaran sebesar Rp1 miliar kepada 10 orang pemilik lahan. Sedangkan tahun 2010 mendatangkan diprogramkan penyelesaian untuk puluhan pemiliknya, dengan biaya ganti rugi yang dipersiapkan sebesar Rp20 miliar bersumber dari APBD Kota Palu.

"Khusus pembayaran ganti-rugi tahun 2009 akan dibayarkan dalam waktu dekat, yaitu setelah selesai pembahsan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Palu tahun 2008 di DPRD," katanya seperti dilaporkan Antara, Minggu (12/7).

Rasjid mengatakan, sebelum melakukan pembayaran ganti-rugi terhadap tanah dan bangunan untuk keperluan perluasan Bandara Mutiara di pinggiran timur kota Palu itu, pihaknya terlebih dahulu melakukan verifikasi di lapangan. "Verifikasi yang dilakukan selama lebih satu tahun itu bertujuan untuk mencegah munculnya kasus hukum di belakang hari," katanya.

Departemen Perhubungan sejak tahun 2006 telah menyetujui perluasan Bandara Mutiara di ibukota Provinsi Sulteng, namun program ini belum dapat dilaksanakan karena masih menunggu proses pembebasan tanah dan bangunan milik masyarakat yang terkena proyek.

Rencana kegiatan perluasan bandara ini antara lain penambahan panjang dan lebar landasan pacu (run way) agar bisa didarati pesawat berbadan, perluasan apron (tempat parkir pesawat), serta pembangunan kembali ruang keberangkatan dan kedatangan yang sudah sangat menyesakkan penumpang dan pengantar. ant/kbc

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
12/20/2014
12.408
IHSG
12/19/2014
5.144,62
31,28 (0,61%)