loading...
Kategori
EnergiPertambangan
Mode Baca

Antam habiskan Rp4,8 miliar untuk eksplorasi komoditas

Online: Sabtu, 11 Juli 2009 | 10:28 wib ET

JAKARTA - PT Antam Tbk (ANTM) menghabiskan biaya Rp4,8 miliar hingga Juni 2009 untuk kegiatan eksplorasi komoditas-komoditas nikel, emas, bauksit dan batubara.

Sekretaris Perusahaan PT Antam Tbk Bimo Budi Satriyo, menyatakan total biaya eksplorasi nikel dilakukan di berbagai daerah mencapai Rp1 miliar.

“Sementara total biaya eksplorasi emas mencapai Rp3,3 miliar dan total biaya eksplorasi bauksit mencapai Rp278,7 juta,” kata Bimo dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Sabtu (11/7/09).

Hingga periode Juni 2009 ini pula, Antam melakukan aktivitas pemeliharaan tambang batubara di Muara Tebo-Jambi dengan total biaya mencapai Rp209,5 juta.

Antam melakukan eksplorasi nikel di Maluku Utara dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, juga di daerah Buli –Maluku Utara yang meliputi pemboran, logging core, pengukuran grid dan pengukuran topografi. Sementara untuk kegiatan di Tapunopaka dan Mandiodo-Sulawesi Tenggara berfokus pada pengukuran lintasan dan lubang bor, pengukuran topografi, logging core serta meneruskan kegiatan pemboran pada kedua lokasi tersebut.

Sedangkan kegiatan eksplorasi emas dilaksanakan Antam di Aceh Tengah-NAD, Tapanuli Utara-Sumatera Utara, Batangasai-Jambi, Pongkor dan Papandayan–Jawa Barat, Ajibarang dan Tirtomoyo-Jawa Tengah, Wowoni dan Ranteangin-Sulawesi Tenggara dan Mao Batuisi–Sulawesi Barat.

Kegiatan eksplorasi di Aceh Tengah-NAD meliputi analisa geokimia conto. Sementara itu untuk daerah Tapanuli Utara-Sumatera Utara, Antam melakukan Pemetaan Geologi Semi Detil (PGSD) dan percontoan batuan, Fi serta petrografi/mineragrafi.

“Kegiatan eksplorasi emas di Batangasai-Jambi diantaranya adalah Pemetaan Geologi Detil (PGD), PGSD, hand auger, bukaan/ paritan, percontoan soil, batuan, petrografi/ mineragrafi, XRD dan Fi, melakukan kegiatan logging core, pemerian singkapan, pemerian struktur, geofisika magnet dan pengukuran lintasan,” urai Bimo.

Selanjutnya dia memaparkan, kegiatan eksplorasi di Pulau Jawa dilakukan pada beberapa daerah diantaranya daerah Pongkor–Jawa Barat meliputi logging core, percontoan core, batuan, XRD dan petro/ mineragraphy serta.

“Kami juga melakukan kegiatan pemboran, pengukuran lintasan bor dan uji fisik batuan/ core. Selain itu pada daerah prospek Papandayan-Jawa Barat,” katanya.

Antam melakukan kegiatan PGD, bukaan/ paritan, percontoan untuk batuan, XRD serta petrografi/mineragrafi dan pengukuran lintasan.

Sementara untuk daerah Ajibarang – Jawa Tengah, Antam melakukan PGSD, pengukuran lintasan, percontoan batuan, FI, XRD dan petrografi serta analisa kimia conto. Untuk daerah Tirtomoyo-Jawa Tengah, Antam melakukan kegiatan PGD, pengukuran lintasan, geofisika magnet, geofisika IP dan soil sampling.

Khusus eksplorasi di Wowoni—Sulawesi Tenggara Antam melakukan kegiatan yang meliputi PGD, PGSD, percontoan batuan, Fi, XRD dan mineragrafi, pengukuran lintasan, pemerian singkapan dan geofisika IP.

Untuk kegiatan di Mao Batuisi–Sulawesi Barat, Antam melakukan PGSD, PGD, percontoan batuan, Fi, petrografi, XRD, bukaan/ paritan, pengukuran lintasan dan geofisika IP.

“Eksplorasi bauksit dilakukan Antam di daerah Kalimantan Barat, yakni Mempawah, Tayan dan Munggu Pasir. Eksplorasi di Mempawah mencakup pengukuran grid 50 m, pengukuran topografi, test pitting, total kedalaman dan percontoan,” kata Bimo.

Untuk kegiatan eksplorasi di Tayan dan Munggu Pasir, lanjutnya, meliputi pengukuran grid, pengukuran topografi, test pitting, total kedalaman dan percontoan. kbc3

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/2/2014
12.135
IHSG
10/2/2014
5.000,81
-140,10 (-2,80%)