Target tercapai, Darmawisata Indonesia genjot penjualan online

Rabu, 21 Agustus 2013 | 18:09 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis: Pencapaian penjualan yang cukup baik selama high season dan libur Lebaran 2013 membuat perusahaan biro perjalanan wisata PT Darmawisata Indonesia Tour & Travel fokus mengerjakan pasar online. Targetnya sampai akhir tahun bisa menggaet hingga 3000 member lewat webwww.darmawisataindonesia.co.id untuk seluruh wilayah Indonesia.

CEO PT Darmawisata Indonesia Tour & Travel, Husin SE, mengakui bahwa usaha penjualan tiket melalui sistem online makin mudah di pelajari. "Awalnya kita target hingga akhir tahun bisa tercapai 2000 member ternyata, bisa terlampaui di akhir semester awal tahun ini dan diharapkan bisa tercapai 3000 member aktif hingga akhir tahun ini," ungkapnya di Surabaya, Rabu (21/8/2013).

Masih menurut Husin, member aktif disini adalah member yang sudah melakukan transaksi penjualan tiket. Dari situ secara otomatis traffic penjualan tiket meningkat hingga 40 persen dalam 3 bulan terakhir.

Pencapaian ini menurut Husin memang di dukung oleh beberapa faktor, selain makin teredukasi dengan sistem online menggunakan internet, kepercayaan agen terhadap transaksi online juga makin besar. "Selain itu kami juga menurunkan tim tersendiri untuk melakukan edukasi kepada member, yang secara langsung akan menumbuhkan kepercayaan bekerjasama dengan kita, apalagi kita memberikan sistem secara gratis kepada member," terangnya.

Komposisi member terbanyak masih berada di Pulau Jawa sekitar 60%. Selebihnya tersebar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur. Kedepan Husin mengakui bahwa pihaknya akan lebih mendorong memperbesar market di luar Jawa hingga 50% karena mempunyai potensi bisnis besar terutama di kawasan kalimantan yang punya sumberdaya alam besar.

Mengenai persaingan Husin mengaku cukup optimis apalagi saat ini moda transportasi udara makin mudah dan harga makin terjangkau. Selain itu jumlah maskapai terus bertambah jadi makin banyak tujuan yang bisa di pilih. "Secara nasional kita targetkan bisa mengisi sekitar 5 persen market share," tambah Husin.

Dari data Kemenhub tahun 2012 tercatat penumpang pesawat mencapai 72 juta orang, dengan target sebesar 5 persen setidaknya sampai akhir tahun ini bisa menjual hingga 3-4 juta tiket.

Khusus untuk tour Darmawisata memang berkonsentrasi untuk menggarap pasar domestik baik untuk wisatawan mancanegara maupun domestik. Untuk program reguler ke Bromo, Rafting dan Karimunjawa permintaan sangat besar. Bahkan saat hari raya setiap harinya diberangkatkan 2 grup ke tujuan Bromo dan Rafting. "Wisata alam tetap mempunyai daya tarik sendiri dibandingkan dan konsentrasi kita memang ambil wisata dalam negeri, buktinya saat lebaran mulai tanggal 8-14 banyak sekali permintaan untuk naik ke Bromo," aku Husin.

Yang cukup menarik bahwa wisata religi wali 5 maupun wali 9 cukup menarik bagi warga negara asing. Setelah Belgia kali ini ada permintaan dari warga Malaysia untuk mengikuti tour religi penyebar agama islam di Pulau Jawa ini. kbc4

Bagikan artikel ini: