loading...
Kategori
TeknologiTelekomunikasi
Mode Baca

Gandeng Koperasi NU, Telkom perbanyak outlet Delima

Online: Sabtu, 06 Juli 2013 | 15:45 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng Koperasi Warga Nahdlatul Ulama (NU) Mabadi Khoiro Ummah (Mabadiku) Bintang Sembilan untuk menggelar layanan jasa pengiriman uang remitansi dan uang elektronik. Program yang diberi nama IndiFinance ini menggunakan basis produk pengiriman uang milik Telkom, Delima (Delivery Money Access).

Executive General Manager Divisi Telkom Timur, Iskriono Windiarjanto mengatakan, rencananya IndiFinance ini akan diimplementasikan di 100 lokasi komunitas NU di Jatim. Pada tahap awal, 9 lokasi akan dijadikan pilot project.

“Kami sangat senang bisa menjalin kemitraan dengan komunitas NU ini. Melihat jumlahnya yang saya perkirakan lebih dari 14 juta jiwa berada di Jatim, semoga kerjasama ini bermanfaat bagi kedua pihak dan memberikan barakah bagi semuanya," ujarnya di sela launching IndiFinance di auditorium Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan di Kompleks Kantor PWNU Jatim, Sabtu (6/7/2013).

Iskriono menambahkan, momentum launching IndiFinance yang dilaksanakan mendekati bulan Ramadan ini, dimaksudkan untuk mempermudah warga NU dan keluarga besarnya dalam menunaikan kewajiban pembayaran zakat maal, dimana pengiriman uangnya bisa dilakukan melalui Delima. Pembayaran zakat melalui Delima ini, ditambahkan Iskriono, makin dipermudah karena warga NU dan masyarakat pada umumnya, bisa mengirimkan uangnya melalui smartphone yang terkoneksi dengan internet. Mereka tinggal membuka web aplikasi Delima di smartphonenya dan mengirimkan zakat tersebut ke nomor tujuan

"Untuk memudahkan jika tidak tersedia koneksi internet, kami juga memberikan solusi dengan memasang akses internet WiFi.lD di lokasi-lokasi Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan," tambah Iskriono.

Selain itu, nantinya ketika mendekati datangnya Idul Fitri, dimana terjadi arus mudik bagi sebagian besar warga masyarakat, membawa uang tunai juga memiliki resiko tersendiri. Sehingga Delima bisa menjadi solusi ketika seseorang tanpa akun perbankan ingin mudik tanpa harus membawa uang tunai atau ingin mengirimkan uang kepada sanak keluarga di desanya.

Delima atau Delivery Money Access adalah brand produk pengiriman uang (remittance) domestik dan internasional yang memberikan kemudahan untuk mengirim uang bagi masyarakat pada cash point yang berlogo Delima (Agent to Agent Service) atau melalui Handphone/smartphone (Peer to Peer Service).

Deputy Executive General Manager Divisi Bussiness Service Telkom Indonesia, Prasabri Pesti, menambahkan saat ini jumlah outlet Delima di Indonesia mencapai 28.000 titik dan ditargetkan bertambah menjadi 100.000 titik tahun ini. Di wilayah Jatim sendiri ada sekitar 400 titik outlet Delima.

“Kami akan terus bekerjasama dengan outlet-outlet pemilik jaringan besar salah satunya Koperasi Mabadiku untuk menjadi outlet Delima,” katanya. Saat ini Telkom sudah bekerjasama dengan beberapa outlet seperti jaringan Minimarket Alfamart dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Karyajatnika Sadaya atau BPR KS. Kbc8

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/20/2014
12.043
IHSG
10/20/2014
5.079,53
50,58 (1,00%)