loading...
Kategori
Aneka BisnisHotel & Travel
Mode Baca

Wow, tahun ini 305 kapal pesiar siap kunjungi RI

Online: Rabu, 13 Februari 2013 | 08:09 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik yang meminati wisata bahari di Indonesia terus meningkat. Terbukti, tahun ini sekitar 305 kapal pesiar siap berkunjung ke Indonesia melalui sejumlah pelabuhan. Dari jumlah itu, sebanyak 94 kapal bakal sandar di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) bahkan memastikan pada Februari 2013 ini akan ada 9 kapal pesiar merapat ke Pelabuhan Benoa, Bali.

General Manager Pelindo III Cabang Benoa, Iwan Sabatini, mengaku telah mendapat konfirmasi soal ini dari agen sembilan kapal pesiar tersebut di Indonesia.

Sembilan kapal pesiar itu adalah Seven Seas Voyager, Pasific Venus, Silver Shadow, Silver Whisper, Selebrity Soltice, Rotterdam Cruise, Artania, Clipper Odyssey, dan Zegrahn Expedition. "Mereka datang hingga akhir bulan ini," katanya, Selasa (12/2/2013).

Menurut Iwan, kunjungan sembilan kapal pesiar ini merupakan bagian dari rencana kunjungan 29 kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa sepanjang 2013. Menurutnya, ini menunjukkan Bali masih menjadi tujuan utama bagi kapal pesiar.

Selain sembilan kapal pesiar itu, PT Pelindo III mencatat akan ada 94 kunjungan kapal pesiar di seluruh wilayah kerja Pelindo III sepanjang 2013 ini. Secara nasional, tercatat akan ada 305 kunjungan kapal pesiar di perairan Indonesia.

Ketua Tim Kapal Pesiar Pelindo III, Sumitro Agus Budiarto, menjelaskan bahwa saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan sepuluh pelabuhan sebagai pintu masuk kapal pesiar ke wilayah Indonesia.

Sepuluh pelabuhan itu adalah Pelabuhan Benoa (Bali), Pelabuhan Celukan Bawang (Bali), Pelabuhan Lembar (Nusa Tenggara Barat), Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar, Sulawesi Selatan), Pelabuhan Tanjung Tembaga (Probolinggo, Jawa Timur), Pelabuhan Sabang (Aceh), Pelabuhan Tanah Ampo (Bali), Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang Jawa Tengah), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya Jawa Timur), dan Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta). "Tujuh pelabuhan berada dalam wilayah kerja Pelindo III," kata Sumitro.

Selama tahun 2012, Pelindo III membukukan pendapatan dari kunjungan kapal pesiar sebesar Rp 12 miliar, naik dibandingkan dengan 2011 yang hanya sebesar Rp 7 miliar. kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/28/2014
12.249
IHSG
11/28/2014
5.149,89
4,57 (0,09%)