loading...
Kategori
Aneka BisnisOtomotif
Mode Baca
Kurs USD-IDR
8/29/2014
11.690
IHSG
8/29/2014
5.136,86
-47,62 (-0,93%)
Minyak Mentah
N/A
0,00
0,00 (0,00%)
Emas
N/A
0,00
0,00 (0,00%)

KTM Cabrio, motor berpenumpang lebih 2 orang

Online: Jum'at, 28 September 2012 | 18:38 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Demam motor roda tiga di tanah air tampaknya kian seru dengan hadirnya sejumlah pabrikan yang ikut mencicipi pasar di segmen ini. Menariknya, model yang ditawarkan bukan saja untuk pasar niaga motor angkut barang saja, namun juga berkembang ke motor penumpang.

Seperti yang dilakukan PT Asean Motor International, distributor sepeda motor KTM di Tanah Air, yang meluncurkan produk sepeda motor APP-KTM Cabrio roda tiga.

General Manager Marketing PT Asean Motor International, Redy Sun menuturkan, kegiatan produksi kendaraan tersebut telah dilakukan di dalam negeri dalam bentuk completely knocked down (CKD). Menurutnya, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk kendaraan penupang tersebut telah mencapai hampir 80%.

“Yang diimpor hanya mesinnya saja,” ungkapnya usai acara test drive produk sepeda motor roda tiga APP-KTM Cabrio di Kementerian Perindustrian, Jumat (28/9/2012).

Dipaparkannya, Cabrio dibekali dengan mesin 150 cc dan 4 tak dengan daya angkut maksimum 500 kg serta penggerak roda belakang menggunakan transmisi garden, persneling mundur dan rem tangan.

Untuk masalah kelistrikan, ungkap Redy, produk perusahaan asal China tersebut dilengkapi dua lampu headlamp dan lampu indikator belakang.

Selain itu, produk tersebut dilengkapi dengan lampu indikator parkir yang didukung dengan sirine untuk kebutuhan melakukan parkir dan menambah keamanan pengendara maupun kendaraan di belakangnya.

Pemberian nama 'Cabrio' sendiri, menurut Redy, berasal dari kata 'Cabriolet' yang artinya cabin atap yang bisa dibuka-tutup. Ini memberikan inspirasi bagi PT Asean Motor International menciptakan sekaligus memproduksi tipe APP-KTM Cabrio sebagai solusi alat transportasi yang nyaman, efesien dan mudah dikendarai.

Penumpang motor APP-KTM Cabrio dapat merasakan suasana udara terbuka dan suasana santai selama mengendarai Cabrio, karena atap atau cabin penumpang bisa dibuka-tutup sehingga penumpang tidak kehujanan atau kepanasan sewaktu berkendara.

Untuk kapasitasnya, kendaraan ini mampu menampung 2 penumpang ditambah 1 pengemudi dimana kendaraan ini diperuntukkan untuk jarak tempuh pendek pinggiran kota.

Selain itu, Cabrio diusung juga sebagai kendaraan ramah lingkungan. Tujuan komersial kendaran sebagai alat transportasi bagi daerah wisata, kompleks perumahan, pengelola lapangan golf, dan shuttle kompleks.

Dengan harga Rp 35 jutaan untuk wilayah Jakarta, pihaknya optimistis APP-KTM Cabrio bisa menjual di angka 50 unit per bulan di tiga bulan pertama. kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda