loading...
Kategori
MakroNasional
Mode Baca

Lindungi produk lokal dengan aturan bea masuk

Online: Minggu, 12 Agustus 2012 | 06:57 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Membanjirnya produk impor memaksa pemerintah untuk mengeluarkan aturan baru di bidang perpajakan dan bea masuk.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan Kementerian Koordinator Perekonomian, Sabtu (11/8/2012) menyebutkan, telah mengeluarkan 8 peraturan Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) dan 10 peraturan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) dengan tujuan untuk melindungi industri dalam negeri yang disebabkan oleh lonjakan impor barang sejenis.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, terjadinya defisit ini dikarenakan kinerja impor Indonesia lebih dominan disaat ekspor meredup.

Terkoreksinya impor membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan tax holiday yang diarahkan untuk mendorong investasi yang dapat menghasilkan barang modal untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor.

"Di sisi bea masuk, pemerintah telah memberikan fasilitas pembebasan bea masuk yang ditujukan untuk pengurangan ketergantungan impor untuk barang jadi dengan PMK 76/PMK.011/2012," ujarnya.

Diakui Hatta, pihaknya telah melakukan optimalisasi pengawasan penyelundupan di bidang kepabeanan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di daerah perbatasan terutama jalur rawan penyelundupan.

"Pemerintah akan terus memperkuat kebijakan industri pengolahan guna mengurangi ketergantungan barang modal, bahan baku dan bahan penolong dalam mendukung pemenuhan industri nasional yang berbasis produk dalam negeri," ungkapnya. kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
9/20/2014
11.989
IHSG
9/19/2014
5.227,58
19,44 (0,37%)