loading...
Kategori
Aneka BisnisIndustri
Mode Baca

5 Tahun lagi, media cetak tergilas digital

Online: Selasa, 24 Juli 2012 | 14:54 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam 5-10 tahun ke depan, industri media cetak diprediksi akan tertinggal, seiring kian derasnya arus digitalisasi dan teknologi informasi.

Managing Director PT Media Nusantara Informasi, Priscilla D Airin mengatakan, saat ini eksistensi media cetak masih stabil meskipun penetrasi digitalisasi semakin berkembang. Ini dikarenakan Indonesia masih belum mampu mengikuti perkembangan digitalisasi.

"Koneksi Internet di Indonesia masih belum bisa mendukung kegiatan mencari berita. Tidak seperti membaca melalui media cetak," katanya usai pembukaan MNC stand di Kidzania, Selasa (24/7/2012).

Selain itu, lanjut dia, budaya yang sudah melekat juga menjadi faktor pendorong lainnya mengapa media cetak masih menjadi primadona.

"Kelompok usia 40-60 tahun lebih cenderung untuk membaca langsung melalui media cetak dibandingkan dengan yang ditampilkan secara digital," tuturnya.

Kendati demikian, Ia menyebutkan saat ini Indonesia sedang mengalami masa transisi dari media cetak ke media digital. "Bisa dilihat, generasi muda sekarang lebih banyak dan suka mencari informasi melalui Internet, terlihat dari perangkat yang sering mereka bawa yakni gadget," ujarnya.

Priscilla mengatakan saat ini media di Indonesia sudah mulai merintis berbagai persiapan untuk menuju era digitalisasi. "Media yang dulunya hanya berbentuk cetak sekarang sudah merambah bentuk digitalnya, baik situs online ataupun e-paper," jelasnya.

Namun, Priscilla mengatakan diperlukan sebuah pemikiran lebih lanjut mengenai bisnis media digital kedepannya. "Saat ini keuntungan dari media online sangat berbeda jauh dengan media cetak, hanya sekitar 10 persen," katanya.

Menurutnya, diperlukan sebuah kajian lebih lanjut bagaiman menata bisnis industri media ketika era digitalisasi tersebut datang dan diterapkan di Indonesia.

Penjualan Media Nusantara Informasi, anak perusahaan dari Media Nusantara Citra yang membawahi tujuh media cetak diantaranya Genie, Just for Kids dan Mom & Kiddie tidak terlalu signifikan.

Namun, Ia tidak dapat menyebutkan berapa nominal pertumbuhannya. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek media cetak tersebut, maka MNI mengadakan kerja sama dengan arena bermain dan belajar anak Kidzania dengan membuka stand MNC.

�Stand ini diharapkan mampu mempererat lagi anak-anak dengan media cetak,� Chief Marketing Officer Kidzania Faizal Reza. kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/25/2014
12.209
IHSG
11/25/2014
5.118,95
-22,82 (-0,45%)