loading...
Kategori
Aneka BisnisIndustri
Mode Baca

Pabrik MSG terbesar di dunia beroperasi di Jombang

Online: Jum'at, 04 Mei 2012 | 18:59 wib ET

JOMBANG, kabarbisnis.com: Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo didampingi Wakil Dubes Korea Selatan Park Young Sik, Wakil Presiden CJI Pusat Jeong Toe Jin, Presiden Komisaris CJI Laks. (Purn) Bernard Ken Sondakh meresmikan pabrik Monosodium Glutamate (MSG) terbesar di dunia, yang berlokasi di Ploso Jombang Jumat (4/5/2012).

Pabrik yang dibangun dengan investasi US$120 juta ini merupakan salah satu pengembangan PT.Cheil Jedang (CJ), sebuah perusahaan PMA Korea yang memroduksi Lysine, Threonine dan MSG.

Sejak Maret 2012 lalu, CJ sudah memproduksi 70.000 ton MSG, dan dalam waktu dekat akan ditingkatkan menjadi 100.000 ton, guna memenuhi permintaan pasar ekspor.

Soekarwo mengatakan, recana perluasan investasi PT.Cheil Jedang (CJ) sampai 2015 sebesar US$500 juta. Realisasi di Jombang masih US$ 260 juta. Pakde meyakinkan kepada investor bahwa di Jatim sangat tepat untuk mengembangkan investasi karena di Jatim tersedia SDM dengan kualitas bagus. Saat ini tersedia 8 juta orang penduduk usia 16-30 tahun, dan kalau demonstrasi dilakukan dengan damai dan tidak anarkis.

Selain itu, Pakde mempromosikan Pelabuhan Tanjung Perak Surbaya berkembang menjadi Hard Port pada th 2013, ada perluasan 200 meter dengan kedalaman 16 meter bisa dilewati kapal degan 75.000 DWT, "Sehingga ekspor tidak perlu melalui singapore bisa langsung ke negara tujuan. Berarti sangat efisien," katanya.

Disamping itu, lanjut dia, pada 2017 double track railway Surabaya- Madiun, Sby-Malang, Sby-Banyuwangi selesai berarti kontainer tidak perlu lewat jalan raya, tetapi bisa diangkut dengan kereta api.

Gubernur Soekarwo mengungkapkan, pengembangan pabrik tersebut cukup bagus karena korelasi antara resourch atau tenaga kerja dan bahan baku diambil dari dalam negeri dan secara otomatis akan berdampak positif jika dikaitkan dengan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan.

"Model investasi seperti ini tepat didalam korelasi positif terhadap pengangguran dan peningkatan kesejahteraan. Kalau ingin bersaing dengan Jepang dan China harus bersama-sama dengan Indonesia. Suasana aman dan nyaman tetap terpelihara," ujarnya.

Jatim dengan segala keunggulannya merupakan pilihan utama untuk investasi karena mempunyai iklim yang kondusif untuk berinvestasi. Ditunjang pembangunan jalan tol, pelabuhan, listrik di Jatim kelebihan 2.100 megawatt, air bersih. Kebutuhan listrik Cheil Jedang di Jombang dan Pasuruan telah dapat terpenuhi.

Penambahan investasi yang dilakukan PT CJ th 2011 untuk Jombang berdasarkan ijin prinsip sebesar US$ 5,444 juta untuk perluasan idustri pakan ternak, dan US$ 122 juta untuk industri penyedap masakan. Berdasarkan realisasi sebesar US$ 29 juta untuk penyediaan fasilitas pelabuhan di Gresik.

Pemprov Jatim sendiri telah merealisasikan pelebaran infrastruktur jalan dari Ploso ke Jombang sepanjang 3,5 km, semula 6 m menjadi 8 m. Hal ini untuk menunjang kelancaran operasional PT CJ di Jombang.

"Mengingat terdapat 1.800 masyarakat Korea tinggal di Jatim maka perlu dibantuk Konsul Kehormatan bahkan kalau mungkin Konsul Jenderal Korea dibuka di Jatim. Konsul Kehormatan ini sangat penting agar semua urusan bisa diselesaikan di Jatim, tidak perlu ke Jakarta," harapnya. kbc6

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
9/23/2014
11.984
IHSG
9/22/2014
5.219,80
-7,78 (-0,15%)