loading...
Kategori
EnergiMigas
Mode Baca

Pengusaha Jatim siap eksplorasi migas di Sumenep

Online: Selasa, 10 April 2012 | 14:52 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Potensi minyak dan gas di wilayah Madura terus digali. Sebagai putra asli daerah Jawa Timur, Kikin Abdul Hakim terpanggil untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi terhadap produksi Migas Indonesia.

Dengan menggunakan bendera PT Energy Mineral langgeng (EML), Keponakan dari Gus Sholah ini melakukan eksporasi migas di sumur eksplorasi ENC-1 PT EML Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

"Kami akan berupaya mencari sumber migas di Jatim. Tahap awal, kami telah melakukan survei seismik pada Mei-Agustus 2011 dengan menggunakan pakai kapal Nordic," ujar ujar Kikin Abdul Hakim yang menjabat sebagai Direktur PT EML, Surabaya, Selasa (10/4/2012).

Survei tersebut meliputi lintasan survei laut/marine di perairan Situbondo sepanjang 519 kilometer dan di jalur transisi (pinggir pantai lau) Sumenep sepanjang 31 kilometer. Dari data yang diperoleh, akhirnya EML memutuskun melakukan eksporasi di Sumenep, tepatnya di sumur ENC-1 yang berlokasi di desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

"Kami perkirakan, untuk drilling akan memakan waktu sekitar dua bulan kedepan setelah itu baru kami analisa jika sudah discovery," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Busyro Karim berharap, sebagai perusahaan migas nasional yang dimiliki oleh putra daerah, PT EML akan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyejahterakan masyarakat. "Saya berharap, wajah baru Sumenep akan dimulai dari Kecamatan Saronggi. Dan itu dimulai dari Desa Tanjung," ujarnya.

Sebagai daerah penghasil rumput laut terbaik se-Jawa Timur, bupati juga berpesan agar PT EML nantinya berpartisipasi dalam pemberdayaan petani rumput laut di Sumenep. "Kalau perlu, jika pemboran ini nanti berhasil, di sini perlu dibangun pabrik pengolahan produk berbahan rumput laut," tandasnya.

Menanggapi keinginan tersebut, Komisaris PT EML Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan komitmennya untuk bersama-sama pemerintah daerah membangun Kabupaten Sumenep. Luhut berjanji, jika kegiatan eksplorasi ini berhasil, berbagai program yang sudah direncanakan PT EML, antara lain meliputi sektor kesehatan dan pendidikan, seperti mendirikan sekolah. "Kalau perlu, kami akan bangun pabrik gas elpiji supaya Sumenep bisa memasok elpiji untuk wilayah lain," katanya.

Perlu diketahui, PT. Energi Mineral Langgeng telah mendapatkan kontrak untuk melakukan eksplorasi Migas di Blok Madura Jawa Timur sejak Mei 2009. Sharing produksi antar BP Migas ini meliputi Area I di 1.872,45 kilometer persegi dan di Area II 2.694,89 kilometer persegi.

Sementara wilayah operasinya adalah onshore dan offshore di Lintas Laut Jawa Timur di kepulauan Madura dan di Lintas Laut Timur Kepulauan Jawa.kbc6

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/24/2014
12.069
IHSG
10/24/2014
5.073,07
-30,45 (-0,60%)