loading...
Kategori
Energi
Mode Baca

Mojokerto padukan pengembangan PLTMH & wisata

Online: Senin, 31 Januari 2011 | 13:38 wib ET

MOJOKERTO, kabarbisnis.com: Mojokerto bakal kembali mempunyai Pembangkit listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Hal itu seiring dengan rencana PT Hari Esok Cemerlang (HEC) yang akan mengembangkan PLTMH di kabupaten tersebut.

Dirut HEC Antonius Harianto memaparkan, PLTMH tidak banyak mempengaruhi lingkungan atau mengurangi air untuk keperluan pertanian. Yang terpenting adalah pembangunan PLTMH tersebut tidak memerlukan relokasi tempat tinggal masyarakat setempat, yang diakibatkan oleh pembuatan bendungan atau waduk. Di samping itu PLTMH tidak memerlukan bahan bakar apapun. "Masukan energi primer berupa aliran massa air tidak dikurangi namun hanya dimanfaatkan energinya. Kali Kromong di Pacet Mojokerto merupakan salah satu desa yang mempunyai sungai yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai PLTMH sebagai sumber energi terbarukan," ujar Antonius.

HEC juga akan mengembang daerah tersebut sebagai tempat wisata yang akan bekerjasama dengan Pemkab Mojokerto. "Pengembangan energit terbarukan ini nantinya bisa berpadu dengan bisnis pariwisata," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/22/2014
12.155
IHSG
11/21/2014
5.112,05
18,48 (0,36%)