loading...
Kategori
Aneka BisnisPerdagangan
Mode Baca

Hypermart konsentrasi garap Indonesia Timur

Online: Minggu, 24 Oktober 2010 | 13:24 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com:Besarnya potensi perdagangan di wilayah Indonesia bagian timur semakin menarik investor untuk menggarapnya.

Berniat menyasar konsumen yang ada di sana, PT Matahari Putra Prima Tbk akhirnya berkomitmen untuk membuka beberapa gerai pusat perbelanjaan ritel Hypermart miliknya di sejumlah daerah yang terletak di wilayah Indonesia Timur.

"Tahun depan, rencananya kami akan menambah sekitar 12 gerai di Jawa dan luar Jawa, khususnya untuk Indonesia Timur," kata Vice President Marketing & Promotion Hypermart PT Matahari Putra Prima Tbk, Joosje Tatipata di Surabaya, Minggu (24/10/2010).

Diungkapkan Joosje, kondisi perekonomian Indonesia Timur yang semakin bergeliat menjadi satu daya tarik tersendiri bagi pelaku usaha di bidang ritel untuk menggarapnya. Terlebih persaingan bisnis disana tidak ketat karena belum ada pemain besar ritel masuk.

"Ini menjadi peluang bagi kami untuk mengembangkan sayap bisnis kami disana. Karena saat ini, kami masih memiliki tiga gerai saja di wilayah tersebut, satu di Manado dan dua gerai di Makassar," lanjutnya.

Ditanya mana saja daerah yang cukup potensial untuk dikembangkan, Joosje mengatakan semuanya berpotensi. Karena laju perekonomian dan jumlah penduduknya cukup besar.

"Semuanya punya potensi, mulai dari Bali, Sulawesi, hingga Papua," terangnya.

Selain memang pasarnya cukup besar, dengan melakukan ekspansi pasar di wilayah tersebut juga akan membantu pemerintah untuk melakukan pemerataan ekonomi.

Sebab, dengan dibangunnya gerai Hypermart di sana, maka akan ada tenaga kerja yang terserap, akan ada perputaran uang di daerah dan akan bermunculan distributor lokal untuk menyuplai kebutuhannya.

Kendala yang selama ini dikeluhkan pelaku bisnis hanya soal transportasi. Namun dengan semakin besarnya pasar yang akan tumbuh, Joosjen optimistis problem ini tidak akan jadi persoalan lagi.kbc6

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/25/2014
12.069
IHSG
10/24/2014
5.073,07
-30,45 (-0,60%)