loading...
Kategori
KeuanganPembiayaan
Mode Baca

Spektra FIF kucurkan kredit elektronik Rp960 miliar

Online: Rabu, 13 Oktober 2010 | 20:53 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: FIF Spektra, bisnis pembiayaan elektronik di Indonesia memprediksi bisnis barang elektronik dengan cara kredit, prospeknya makin bagus. Mengingat, minat masyarakat memiliki barang elektronik masih tetap tinggi.

Terbukti sejak Januari hingga September 2010, total pembiayaan eletronik yang dikucurkan FIF Spektra mencapai Rp 960 miliar dengan jumlah barang 335.000 unit.

Sepanjang tahun 2010, target pembiayaan secara nasional sebesar Rp1,2 triliun pasti akan tercapai jika melihat posisi hingga September sudah mencapai angka itu. Tahun 2009, pembiayaan kredit elektronik hanya Rp950 miliar.

"Melihat prospek ke depannya pembiayaan elektronik semakin cemerlang, kami mentargetkan 2011 total pembiayaan dinaikan menjadi Rp 2 triliun," ungkap Suhartono, Presiden Direktur PT. Federal Internasional Finance (FIF) di Jakarta, Rabu (13/10/10).

Diungkapkan, persaingan bisnis pembiayaan elektronik kini semakin ketat. Selain bersaing dengan perusahaan pembiayaan lainnya, FIF Spektra bersaing dengan perbankan yang memberikan kemudahan pembelian kredit elektronik dari kartu kredit.

Karena itu, sambung dia, FIF Spektra tidak bersaing dengan gajah yang sudah menguasi Jakarta, namun lebih fokus di beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Solo dan lainnya.

Di daerah, FIF Spektra tidak main sendiri namun menggandeng dengan pedagang toko elektronik di daerah untuk memperkuat bisnis pembiayaan elektronik. Sekaligus untuk memperkuat toko elektronik di daerah, jika harus berhadapan dengan modern store yang kini mulai merembah ke daerah, papar Suhartono.

Dengan kerjasama pedagang atau toko elektronik, FIF Spektra berusaha mengoptimalkan database good customer mereka. Dengan cara ini, FIF Spektra bisa mengemas berbagai tawaran kredit dengan cicilan terjangkau.

"Saat ini konsumen elektronik tak terlalu rentan kenaikan bunga kredit. Mereka lebih membutuhkan cicilan ringan dengan persyaratan yang tidak berbelit," tambahnya.

Menurutnya, outlet FIF Spektra saat ini hanya 2 unit, namun tahun 2011akan ada penggabungan dengan outlet FIF untuk pembiayaan kredit sepeda motor Honda mencapai 500 unit, terdiri 126 cabang se Indonesia, cabang kecil sebanyak 290 unit dan sisanya pos FIF.

"Dengan penggabungan pembiyaan motor serta elektronilk, maka dapat menekan biaya investasi baru untuk pembukaan outlet serta

mempermudah pelayanan di lapangan," jelasnya. Kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/22/2014
12.010
IHSG
10/22/2014
5.075,72
46,38 (0,91%)