loading...
Kategori
Aneka Bisnis
Mode Baca
Kurs USD-IDR
4/17/2014
11.437
IHSG
4/16/2014
4.873,01
2,80 (0,06%)
Minyak Mentah
4/17/2014
103,90
0,14 (0,13%)
Emas
N/A
0,00
0,00 (0,00%)

Potensi bisnis wisata alam menjanjikan

Online: Kamis, 07 Oktober 2010 | 16:09 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Potensi wisata berbasis lingkungan sangat menjanjikan. Selain untuk kepentingan ekonomi, wisata alam juga mempunyai dimensi pendidikan.

Manajer Pengembangan Wisata Perum Perhutani Unit II Jatim Murgunadi mengatakan, wisata alam mempunyai berbagai bidang garapan bisnis. Misalnya, tiket masuk hanya untuk mengakses lokasi wisata alam tersebut.

Selain tiket masuk, potensi bisnis lainnya adalah wisata petualangan, outbond, wisata pendidikan, dan ekonomi kreatif seperti kerajinan berbahan baku tanaman yang ada di lokasi wisata tersebut.

"Juga masih ada potensi lain seperti produksi air madu yang tidak hanya bisa dijual hasilnya, tapi juga bisa digunakan sebagai daya tarik bagi wisatawan untuk melihat langsung bagaimana budidaya lebah liar dilakukan," ujar Murgunadi seusai rapat koordinasi LMDH di kantor Perum Perhutani Unit II Jatim, Surabaya, Kamis (7/10/2010).

Di tempat yang sama, Ketua LMDH Wonoasri, Sarangan, Magetan, Basuki Rahmat, mengatakan, masyarakat desa hutan akan dengan senang hati ikut mengelola potensi wisata alam yang dimiliki Perhutani. Potensi LMDH harus dimaksimalkan.

"Di LMDH kami, misalnya, ada 431 keluarga. Kami punya Unit Bisnis Mandiri (UBM) di mana ada Himpunan Pemakai Air Minum. Hutan yang berbatasan dengan desa kami seluas 430 hektare. Dari sana, ada sedikit lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata," ujarnya.

Mereka mengembangkan pengelolaan sejumlah potensi wisata alam, seperti air terjun, pondok wisata, outbond, dan perkemahan. LMDH Wonoasri kini juga membangun satu area khusus wisata yang dinamai Sevilla. "Di sana kami mengembangkan playground untuk anak-anak agar mereka lebih mengenal alam dan area mountain bike untuk para penggemar sepeda gunung," ujar Basuki. kbc5

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda