loading...
Kategori
Aneka BisnisIndustri
Mode Baca

PT PAL Indonesia produksi kapal selam Freegat

Online: Rabu, 29 September 2010 | 07:39 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT PAL Indonesia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri galangan kapal, kini sudah mulai memproduksi kapal selam jenis Freegat untuk angkatan laut. Proses pembuatan satu unit kapal ini, membutuhkan waktu selama 40 bulan.

"Memang kapal selam Freegat ini pesanan Kementrian Pertahanan. Ukurannya lebih besar dibandingkan kapal Sigma dari Malaysia," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, kemarin.

Saat ini, sambung Purnomo, sudah mulai dikerjakan. Rencananya Kementrian Pertahanan memesan enam unit kapal selam Freegat. Namun karena kondisi kemampuan ekonomi Indonesia, maka pengerjaan pesanan itu dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan PT PAL menerima pesanan pembuatan kapal perang Perusak Kawal Rudal (PKR/Light Fregat) dari Kementerian Pertahanan dengan nilai investasi pembuatan kapal sebesar Rp 5 triliun. Ditargetkan memakan waktu 4 tahun untuk merampungkan pembuatan kapal.

"Pengerjaan pembuatan kapal Freegat t PT PAL, bekerjasama dengan perusahaan galangan kapal asal Belanda, Damen-Schelde. Dari kerjasama ini, diharapkan mampu menyerap hingga 1.500 tenaga kerja Pembangunan kapal ini juga diprediksi mampu menggerakkan sektor lain. Seperti suplai bahan baku dari industri penunjangnya dari dalam negeri," ucapnya.

Sebenarnya, sambung Hidayat, pembuatan kapal perang direncanakan sejak tahun 1998. Namun, karena Indonesia mengalami krisis, rencana itu pun kandas.

Kapal selam Freegat dirancang untuk bisa digunakan dalam beberapa misi operasi, antara lain peperangan elektronika, anti udara, anti kapal selam, anti kapal permukaan, bantuan tembakan kapal. Kapal perang Freegat juga dilengkapi dengan rudal SAM, SSM, dan rudal anti kapal selam. Kapal mampu menampung 100 hingga 120 awak kapal.

Kapal tersebut dilengkapi dengan perlengkapan persenjataan diantaranya meriam kaliber 76 sampai 100 mm dan kaliber 20 sampai 30 mm, peluncur rudal ke udara, helipad di dek kapal, dan senjata torpedo serta perlengkapan pendukung lainnya.

Panjang keseluruhan kapal 105 meter, lebar 14 meter, kedalaman 8,8 meter, kecepatan 30/18/14 knot dengan kekuatan mesin utama 4 X 9.240 kekuatan kuda atau horse power. Kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/22/2014
12.155
IHSG
11/21/2014
5.112,05
18,48 (0,36%)