loading...
Kategori
Umum
Mode Baca

12 Mahasiswa belajar seni budaya di Surabaya

Online: Senin, 02 Agustus 2010 | 19:28 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com Sebanyak 12 mahasiswa dari berbagai negara yang mendapat Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) untuk belajar seni dan budaya Jawa Timuran di kota Surabaya, Senin (2/8/2010) kemarin memperagakan tari tradisional Suroboyo-an di Café Taman Surabaya Plaza Hotel (SPH).

Pimpinan Tim Seni Budaya Jawa Timur, Diaztiami Azhar, mengatakan, BSBI ini merupakan bagian dari program pertukaran pelajar dan studi banding yang baru digagas oleh kementerian luar negeri. “Sebelumnya memang sudah ada program pertukaran pelajar dengan berbagai negara. Tapi untuk BSBI ini masih baru dijalankan,” ujarnya.

Selama tiga bulan, lanjut dia, ada 60 mahasiswa dari berbagai negara yang mendapat BSBI untuk belajar seni dan budaya di Indonesia. Dari sejumlah itu, ada 12 mahasiswa yang belajar seni dan budaya di kota Surabaya. Sebanyak 48 mahasiswa lainnya belajar di daerah-daerah lain.

“Mereka akan belajar mulai dari bahasa Indonesia, seni karawitan, seni lukis batik, pahat topeng, sampai soal kerajinan,” tutur pimpinan Tim Seni Budaya Jawa Timur yang akrab dipanggil Diaz itu.

Dalam acara ramah tamah itu, hadir pula Ketua Dewan Pariwisata Indonesia (DEPARI) Jawa Timur, Yusak Anshori, untuk bertatap muka dan dialog dengan 12 mahasiswa yang mendapat BSBI tersebut. Sejumlah 12 mahasiswa itu berasal dari Thailand, Vietnam, Jerman, Timor Leste, Vanuatu, Fiji, Solomon Island, Afrika Selatan, Samoa, Tuvalu Rusia dan Indonesia.

Yusak Anshori mengatakan, 12 mahasiswa itu akan diberi pelatihan langsung tentang subjek budaya, seperti datang ke Festival Karapan Sapi Madura, Haul Sunan Ampel, perayaan kemerdekaan RI, perayaan Idul Fitri dan event kultural lainnya.

“Tentu saja kami sebagai tuan rumah dari studi budaya ini akan mempromosikan budaya Suroboyo-an kepada mereka. Kami sangat mendukung program BSBI ini sebagai perwujudan untuk mengangkat nilai-nilai budaya khas Suroboyo-an,” tegasnya.

Menurut Yusak yang juga sebagai General Manager SPH, 12 mahasiswa itu secara rutin akan menjalani latihan tari tradisional di studio tari SPH. “Dalam menunjukkan kepiawaian mereka dalam belajar tari tradisional Suroboyo-an, nantinya mereka akan tampil di lobi hotel berbintang empat ini.” kbc11

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/25/2014
12.173
IHSG
11/25/2014
5.118,95
-22,82 (-0,45%)