Primagama-Microsoft luncurkan primagamaplus.com

Jum'at, 25 Juni 2010 | 12:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lembaga pendidikan Primagama bekerja sama dengan Microsoft Indonesia meluncurkan untuk pertama kalinya situs layanan pendidikan yang dikelola secara profesional di Indonesia. Website pendidikan yang beralamat di www.primagamaplus.com ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa membantu para siswa dalam proses belajar.

Ide awal pembuatan situs ini berasal dari Tim Microsoft Developer & Platform Group yang kemudian dibangun bersama dengan tim dari Microsoft Innovation Center Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Teknologi yang digunakan secara keseluruhan pada Primagamaplus.com adalah Microsoft Web Technology seperti Silverlight 4.0, ASP.NET 4.0, Windows Server 2008 dan SQL Server 2008 R2.

"Ini adalah program edukasi yang dilakukan oleh Microsoft bekerjasama dengan Primagama sebagai salah satu lembaga pendidikan yang telah berpengalaman dan tetap konsisten dalam menjaga kualitas layanan akademik. Dalam program kerjasama ini, Microsoft akan menyediakan seluruh sistem dan aplikasi sedangkan Primagama bertanggung jawab dalam penyediaan konten," kata Risman Adnan, Microsoft Developer & Platform Group Lead.

CEO PrimagamaPlus Hari Nuryanto menegaskan, peran Microsoft sangat besar dalam keberhasilan peluncuran situs ini, terutama dukungannya dalam penyediaan serta pengembangan sistem dan aplikasi.

Primagamaplus.com menyediakan layanan untuk membantu pelajar Indonesia dari jenjang kelas 3 SD sampai dengan 12 SMA/SMK agar dapat belajar lebih efektif dan menyenangkan. Dengan materi-materi pelajaran dalam bentuk teks dan video, maka para siswa dapat lebih memahami materi pembelajaran dengan melihat visualisasi berupa video tutorial dari instruktur sesuai materi pelajaran yang diinginkan.

"Penggunaan video dalam pembelajaran terbukti ampuh dalam membantu para siswa untuk memahami materi-materi pelajaran yang sebelumnya dianggap sulit. Selama ini Primagama telah membuktikannya dengan video versi offline," jelas Hari.

Dengan video, materi pelajaran dapat dikombinasikan dengan beberapa visualisasi multimedia secara bersamaan sehingga dapat dipahami oleh siswa dengan mudah.

"Salah satu keunggulan metode belajar melalui video adalah, para siswa dapat mengulang-ulang materi pelajaran tersebut sesuka hati, sampai benar-benar paham. Dalam primagamaplus.com ini, materi video dapat dilihat secara online via internet, sehingga penyebaran dan cakupan wilayahnya dapat lebih luas," ungkap Hari.

Bila dalam video tutorial ada materi-materi yang belum dipahami, maka para siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan pada instruktur melalui video conference maupun instant messaging. Melalui website ini, kegiatan belajar para siswa tidak dibatasi oleh tempat dan waktu, serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, selama memiliki akses internet.

Selain video untuk belajar online, website ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Di antaranya soal-soal latihan uji coba ujian atau try out. "Try out" online memfasilitasi siswa sekolah dari jenjang SD hingga SMA untuk bisa belajar di rumah tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Try out yang diberikan tak sebatas ujian nasional saja. Tersedia pula try out untuk SNMPTN, UM-UGM, SIMAK UI," jelas Hari.

Hasil dari ujian uji coba tersebut bisa langsung diketahui secara real-time dan bisa langsung dibandingkan hasilnya dengan peserta try out dari wilayah kabupatan/kota, propinsi lain, dan nasional. Sistem online ini juga dapat memetakan siswa di daerah mana yang paling siap dan daerah mana masih kesulitan menghadapi Ujian.

Hari menjelaskan, bagi siswa yang masih merasa kesulitan, tersedia pembahasan soal, konsultasi belajar dan masalah seputar pelajaran. Yang tak kalah menarik adalah bahwa website ini terintegrasi dengan layanan social networking, seperti Twitter dan Facebook, sehingga para siswa pun dapat bersosialisasi dengan teman-teman lainnya yang berasal dari mana saja.

"Setelah jenuh belajar, para siswa dapat meluangkan waktu sejenak untuk bermain game yang mendidik di menu Games PrimagamaPlus.com. Game yang tersedia adalah hasil karya anak negeri dan sangat kental nuansa Indonesianya. Untuk bermain game, siswa juga tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi khusus. Game bisa langsung dimainkan lewat browser karena sudah terintegrasi dengan Facebook," ujarnya.

Hari menjelaskan bahwa ke depannya, akan tersedia pula fitur yang memungkinkan siswa untuk mengakses situs melalui ponsel serta terbentuknya komunitas pengguna PrimagamaPlus.com sebagai media agar siswa dapat saling berdiskusi masalah pelajaran dengan teman-teman lainnya dari seluruh Indonesia. Selain itu, dalam waktu dekat juga akan tersedia fasilitas konsultasi online tentang masalah kesulitan pelajaran maupun konsultasi psikologi bagi para siswa via webcam. kbc3

Bagikan artikel ini: